Menu

4 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Bisa Memanjakan Lidah Anda Selama Berlibur

4 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Bisa Memanjakan Lidah Anda Selama Berlibur

Rate this post

JalanJalanSeru.com – Tempat Wisata Kuliner di Jogja – Sebagai kota pelajar, Jogja merupakan salah satu kota yang masih mempertahankan kebudayaan jawanya di tengah kehidupan modern seperti sekarang ini. Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa para wisatawan kunjungi untuk menikmati keindahan alam maupun budayanya. Selain itu, Kota Kesultanan ini juga mempunyai wisata kuliner yang tidak kalah enak dari daerah lainnya.

Sebagai salah satu daya tarik para wisatawan, tempat wisata kuliner di Jogja terus saja berkembang. Berikut ini adalah 4 tempat wisata kuliner di Jogja yang membuat Anda ingin segera kembali ke kota ini.

1. Angkringan Lik Man



Di Jogja, angkringan merupakan tempat makan yang murah meriah dan menjadi sebuah budaya yang tidak bisa hilang dari turun temurun. Anda dapat mudah menemukan banyak angkringan di kota ini dan yang paling istimewa dari angkringan yang ada di sana yaitu Angkringan Lik Man.

Apa sih yang menjadi daya tarik dari keistimewaan angkringan ini? Ternyata, Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama yang sudah ada sejak tahun 1969. Menu yang mereka hidangkan tidak jauh berbeda dengan makanan yang biasanya angkringan lain sediakan. Apakah Anda tahu menu apa yang menjadi andalan di angkringan ini?



Yaitu Kopi Joss. Kopi dengan sajian yang berbeda dan unik ini menggunakan arang yang masih membara sebagai pelengkap dalam gelas kopi tersebut. Saat memasukkan arangnya akan terdengar suara jossss yang menjadi asal muasal nama kopi tersebut. Rasa kopi ini sangat unik dan tidak dimiliki oleh kopi lainnya.

Angkringan Lik Man dapat Anda jadikan tempat wisata kuliner di Jogja pada malam hari dan jam bukanya dari jam 6 sore hingga sampai habis. Harganya pun murah sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

2. Gudeg Pawon



Jika Anda sedang berwisata ke Jogja, tidak lengkap rasanya Anda tidak mencicipi makanan khas daerah sana yaitu gudeg. Gudeg sudah menjadi makanan wajib untuk melengkapi liburan Anda di Jogja. Dari sekian banyaknya tempat menjual gudeg, ada satu tempat yang sudah sangat terkenal, yakni Gudeg Pawon.

Tempat wisata kuliner di Jogja ini sudah ada sejak tahun 1958 dan mereka melayani pelanggannya dari dapurnya langsung atau disebut pawon dengan menggunakan bahasa Jawa. Ketika Anda berkunjung ke tempat makan ini, Anda akan melihat tungku yang digunakan mereka untuk memasak gudegnya. Dengan tempat yang sederhana, rasa dari sajian gudegnya tidak main-main.

Gudeg Pawon bisa dijadikan pilihan tempat wisata kuliner di Jogja pada malam hari, karena jam bukanya dari jam 22.30 sampai habis. Anda perlu ingat, Anda harus datang sebelum tempatnya buka, karena antreannya yang selalu penuh.

3. Sate Klathak Pak Pong



Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini terkenal dengan sate kambing yang memiliki rasa khas dan nikmat yang diolah dengan cara yang tidak biasa. Sate klathak menggunakan 3 bahan sederhana untuk satenya, yakni garam, merica, dan kecap saja.

Seperti yang Anda ketahui, biasanya sate dibakar dengan menggunakan tusuk sate bambu, bukan? Tapi tempat ini menggunakan cara yang berbeda yaitu menggunakan jeruji besi sepeda. Dengan menggunakan jeruji besi, kematangan seluruh daging dapat merata dan bisa dipakai berkali-kali dibandingkan tusuk bambu yang sekali buang.

4. House of Raminten



House of Raminten membuktikan bahwa makanan sederhana dapat disajikan dengan cara lebih elegan. Tempat makan ini merupakan tempat wisata kuliner di Jogja yang menyajikan berbagai menu tradisional, seperti tahu bola, cunduk, brongkos, dan sebagainya.

Desain arsitektur tempat makannya terbilang sangat unik, karena desain budaya Jawa sangat lekat di sini. Menariknya lagi, pakaian pelayan di sini menggunakan pakaian kemben dan ada kentungan di setiap meja makan untuk memanggil pelayan, sehingga akan menambah kesan tradisionalnya.

Di sini harganya terbilang sangat murah dan jam bukanya pun selama 24 jam, jadi Anda tidak perlu khawatir kalau Anda lapar pada waktu subuh.

Leave a Reply