Menu

Akhir Tahun, Kapal Pesiar MV Sun Princess Bersandar di Tanjung Emas

SEMARANG, JalanJalanSeru.com: KAPAL pesiar mewah MV Sun Princess yang membawa 2.103 orang wisatawan dari berbagai mancanegara lego jangkar di area Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (31/12/2019) pukul 07.00 WIB. Kapal berbendera Bermuda Malaysia ini dari Pelabuhan Makassae rencananya ke Singapura.

Kedatangan MV. Sun Princess disambut Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, Ade Rahayu, Kepala Seksi Bimbingan Usaha Aryu Dewi dan GM Tanjung Emas PT Pelindo III, Farris Hariyoso. MV Sun Princess dengan panjang 261.31 meter, merupakan kapal cruise terakhir yang sandar di Pelabuhan Tanjung Pmas di tahun 2019.

“Total ada 24 kapal wisatawan mancanegara dengan jumlah wisatawan sebanyak 17.869 orang di tahun ini (2019). Namun, jumlah tersebut turun 10,22 persen dari tahun lalu (2018) atau turun sebanyak 3.034 orang dari 19.903 di tahun lalu,” ujar Ade Rahayu, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, KSOP Tanjung Emas dalam keterangannya resminya, Selasa (31/12).

Seperti perlabuhan kapal pesiar lainnya, ujar Ade, para wisatawan turun dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Jateng. Di antaranya, Borobudur, kawasan Tlogo Argo di Bawen. “Wisatawan yang menginginkan city tour mengunjungi tempat menarik dan bersejarah di Kota Semarang seperti kota lama, sampookong, Simpang Lima, dan Lawang Sewu,” ujar Ade.

GM Tanjung Emas Farris mengungkapkan, pihaknya akan melakukan evaluasi setelah kunjungan kapal pesiar asing tersebut. “Akan kita adakan evaluasi khususnya mengenai pelayanan dan peningkatan fasilitas. Khususnya di terminal internasional Pelabuhan Tanjung Emas untuk menciptakan suasana yang nyaman demi para wisatawan mancanegara. Selama ini telah kami sediakan hiburan live music, stand souvenir dan tarian sambutan kedatangan,” ujarnya.

Kapal cruise tersebut direncanakan akan tolak dari pelabuhantanjungemas pukul 18.00 WIB menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (redaksibisniswisata@gmail.com)

Leave a Reply