Menu

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Jet Lag

Jet lag adalah masalah klasik para pelancong yang terbang dalam penerbangan jarak jauh, yaitu ketika berkunjung dari suatu negara ke negara lainnya yang memiliki perbedaan zona waktu cukup jauh. Aktivitas berlibur kadang jadi terganggu akibat masalah yang satu ini. Waktu terbuang percuma karena harus beristirahat agar siklus tubuh dapat menyesuaikan dengan waktu lokal.

Jika dipaksakan pun, perjalanan akan terasa kurang nyaman karena tubuh masih terasa lelah. Doug dan Traci Langford punya kiat tersendiri untuk menyiasati jet lag. Bagi pasangan asal Kanada ini, jet lag seolah sudah menjadi makanan sehari-hari. Pasalnya, Doug dan Traci sedang menjalankan sebuah misi yaitu berkeliling dunia hanya untuk menginap di hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan FHRI (Fairmont, Raffles dan Swissotel).

Ditemui Tribun di Fairmont Jakarta, hotel FHRI ke-97 dalam perjalanannya, Senin (13/4/2015), pasangan ini berbagi tips untuk menyiasati masalah jet lag.

1. Jaga Kebugaran Tubuh
Pastikan tubuh dalam kondisi bugar sebelum berpergian jauh. Dengan begitu, tubuh tetap prima meski harus menghadapi penyesuian zona waktu

2. Tetaplah Aktif dan Lupakan Waktu Asal
Usahakan jangan terlalu lama berdiam diri di kamar penginapan. “Bergerak, lakukan aktivitas yang menarik baik di dalam maupun di luar hotel. Tanpa disengaja Anda mulai melupakan zona waktu negara asal,” kata Traci. Dengan begitu, proses penyesuaian tubuh dengan zona waktu akan lebih cepat.

3. Minum Air Putih
Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga tidak mudah kelelahan.

4. Pijat
Pastikan hotel tempat Anda menginap memiliki fasilitas spa dan pijat. “Pijat membantu tubuh Anda merasa rileks. Tubuh juga terasa lebih segar sehingga siap untuk beraktivitas lagi,” terang Doug.

Leave a Reply