Menu

Destinasi: Bukan Halloween, Ini Perayaan Persiapan Natal di Republik Ceko

Bukan Halloween, Ini Perayaan Persiapan Natal di Republik Ceko

Francova Lhota – Hari Raya Natal sejatinya identik dengan pohon natal dan Santa Klaus. Namun, persiapan perayaan Natal di Republik Ceko ini malah tampak seperti Halloween. Hii..

Setiap awal bulan Desemnber, masyarakat di Republik Ceko merayakan tradisi St Nicholas Night atau yang dikenal sebagai Mikulas dalam dialek lokal. Dilansir detikTravel dari situs Czech Tourism, Senin (5/12/2016) umumnya perayaan tersebut dilakukan setiap tanggal tiga hingga lima di bulan Desember.

Akan tetapi, sedikit berbeda dengan perayaan Natal pada umumnya. Bukannya sosok Santa Klaus yang akan Anda temui, melainkan sosok St Nicholas, malaikat dan iblis yang berkeliaran dari satu pintu rumah ke rumah lainnya. Mirip seperti Halloween.

Seperti di Desa Francova Lhota di bagian Timur Republik Ceko misalnya, di mana baru saja diselenggarakan acara St Nicholas Night. Acaranya pun berlangsung selama dua hingga tiga hari saat weekend kemarin seperti diberitakan media The Sun.

Sejarahnya, dahulu ada seorang pria baik hati bernama Nicholas. Suatu ketika ia melihat keluarga miskin dan berinisiatif untuk melempar uang dari jendela, sehingga keluarga miskin itu dapat melunasi hutang-hutanya. Konon itulah asal muasal kisahnya.

Oleh sebab itu, peringatan hari St Nicholas diramaikan oleh sejumlah orang yang ditugaskan memakai kostum. Ada satu yang memakai kostum St Nicholas, sedangkan sisanya memakai kostum iblis dan malaikat.

Tapi bukannya ramah seperti Santa Klaus, sosok kostum St Nicholas dan ‘pengawalnya’ boleh dibilang sangat menyeramkan. Ada sosok iblis Krampus yang berbulu dan bertanduk, hingga malaikat pencabut nyawa yang memakai topeng dan berpakaian serba putih sambil membawa golok. Hii!

Tugas mereka adalah mendatangi dan mengetok setiap pintu rumah yang ada. Sambil membawa permen, mereka akan menemui anak-anak di rumah yang diketuk. Kalau anaknya nakal, siap-siap saja bertemu dengan iblis yang menyeramkan.

Kostumnya memang seram, tapi perayaan Mikulas ini sejatinya memiliki makna yang baik untuk menyambut Hari Raya Natal. Sungguh unik dan tidak biasa! (rdy/wsw)

Leave a Reply