Menu

Destinasi: Ini Hakuba, Destinasi Terbaik Saat Musim Dingin di Jepang

Ini Hakuba, Destinasi Terbaik Saat Musim Dingin di Jepang

Nagano – Hakuba di Nagano menjadi salah satu destinasi terbaik di Jepang buat liburan musim dingin. Hakuba begitu digemari traveler dunia buat main ski.

Kalau ingin bermain ski di salju yang lembut, merasakan keramahan khas Jepang, restoran dengan cita rasa keluarga, dan menutup itu semua dengan berendam di air panas, maka Anda harus berkunjung ke Hakuba.

Jepang dikenal memiliki banyak lokasi ski. Salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi adalah Hakuba, sekitar 3 jam perjalanan dari Tokyo.

Desa Hakuba berada di Prefektur Nagano. Meski disebut desa, kondisinya berbeda dengan istilah desa yang digunakan di Indonesia. Desa Hakuba sangat luas dengan total luas area mencapai 189,36 km2. Desa ini berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut.

Ada banyak alasan mengapa Hakuba menjadi lokasi yang banyak dipilih wisatawan dunia untuk merasakan asyiknya bermain ski di Jepang. Misalnya saja karena desa itu menjadi venue Olimpiade Musim Dingin 1998.

Ini Hakuba, Destinasi Terbaik Saat Musim Dingin di JepangFoto: (Doni Wahyudi/detikTravel)

Pernah menggelar event sekelas Olimpiade membuat Hakuba memiliki fasilitas ski kelas dunia. Ada 11 resort yang bisa dipilih wisatawan untuk menikmati musim dingin di Hakuba. Masing-masing memiliki jalur ski yang berbeda, dengan tingkat kesulitan beragam, dan panjang lintasan bervariasi.

Sebagai bagian dari program JENESYS 2016, detikTravel pada akhir Januari lalu berkunjung ke Hakuba Goryu Snow Resort. Selain menikmati asyiknya belajar bermain ski dan mengagumi pemandangan lembah dan pegunungan tertutup salju nan spektakuler, saya merasakan benar apa itu Omotenashi. Omotenashi adalah sebuah istilah dalam bahasa Jepang yang mengungkapkan penyambutan, layanan, dan keramahtamahan dengan sepenuh hati.

Omotenashi bisa dirasakan betul-betul jika Anda menginap di hotel tradisional atau saat mengunjungi rumah makan tradisional Jepang. Saya beruntung sempat menginap tiga malam di salah satu penginapan tradisional tersebut.

Ini Hakuba, Destinasi Terbaik Saat Musim Dingin di JepangFoto: (Doni Wahyudi/detikTravel)

Tokiwatei yang saya tinggali merupakan satu-satunya penginapan yang masih memiliki arsitektur khas Jepang di Hakuba Goryu. Penginapan itu dikelola oleh pasangan muda, Kyoji Hitomi dan istrinya yang berasal dari Korea Selatan.

Tak seperti penginapan modern yang menawarkan makanan ala barat, Kyoji Hitomi dan istrinya memilih menyediakan penganan tradisional Jepang. Maka nasi, tempura, sup miso, atau yakizakana menjadi menu yang kerap disantap sambil menemani obrolan hangat kami.

Karena dikenal sebagai salah satu lokasi bermain ski paling baik di Jepang, musim dingin selalu jadi puncak kedatangan wisatawan di Hakuba. Karena alasan yang sama Keluarga Hitomi hanya berada di Hakuba pada periode November sampai Maret. Jika tidak sedang musim dingin, mereka pulang ke Kyoto dan mengurus hotel lain yang dipunya di kota tersebut.

Ini Hakuba, Destinasi Terbaik Saat Musim Dingin di JepangFoto: (Doni Wahyudi/detikTravel)

(din/krn)

Leave a Reply