Menu

Destinasi: Kamu Musti Tahu, Ini Spot Diving Terpopuler di Bali

  Kamu Musti Tahu, Ini Spot Diving Terpopuler di Bali

Tulamben – Bali selalu jadi destinasi favorit bagi wisman, tak terkecuali Tulamben. Spot divingnya bagai surga bawah laut yang menghipnotis setiap turis.

Karangasem merupakan kawasan Bali Timur. Di sini ada tempat diving yang tidak pernah sepi dari turis, Tulamben. detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke sana dalam acara press tur yang diadakan Kemenko Maritim pada Sabtu (19/11/2016) lalu.

Tulamben memang sudah tak asing bagi para pecinta wisata bahari. Di sana ada lebih dari satu pilihan spot diving yang memukau. Ada spot diving Kapal U.S.A.T Liberty, Coral Garden, Palung-palung laut serta Emerald.

Setiap spot memiliki kelebihan masing-masing. Sehingga para penyelam akan sangat dimanjakan dengan keindahan Tulamben.

Ramainya turis di bawah laut (dok Kemenko Maritim)Ramainya turis di bawah laut (dok Kemenko Maritim)

“Paling banyak turis China, rata-rata mereka tidak bisa renang. Jadi jarang punya lisensi” kata Manager Staff Mimpi Resort Tulamben, Kadek Sunu.

Hal ini mempunyai dua sisi sekaligus untuk Indonesia. Pertama sisi positifnya adalah mereka menaikan devisa dan perekonomian lewat wisata. Sisi negatifnya jika mereka yang tidak bisa benerang rata-rata akan panik ketika masuk ke air laut.

Sehingga kadang secara tidak sadar turis akan menginjak atau memegang karang. Hal ini harus sangat diperhatikan oleh guide dan pengelola dive resort.

Diving spot Tulamben selalu ramai di sepanjang tahun. Tapi bulan yang paling ramai jatuh pada Juli-Agustus, karena bertepatan dengan libur musim panas.

“Paling banyak ke sini itu turis Prancis dan Jerman,” ungkap Kadek.

Spot diving disesuaikan dengan profesi dari turis itu sendiri. Misalnya saja fotographer, maka guide akan dibawa ke Coral Garden untuk melihat ikan-ikan kecil di sekitar karang.

Yuk, liburan di Bali sambil mengenal keindahan bawah laut Indonesia. Jangan mau kalah sama turis asing ya traveler! (bnl/bnl)

Leave a Reply