Menu

Destinasi: Menyelami USS Liberty, Bekas Kapal Perang Amerika di Laut Bali

Menyelami USS Liberty, Bekas Kapal Perang Amerika di Laut Bali

Tulamben – Di kalangan wisatawan, Tulamben di Bali menjadi incaran para diver. Soalnya di sana ada USS Liberty, bekas kapal perang Amerika yang karam.

Kali ini detikTravel bersama Gelembung Samudera Dive Center menjajaki keindahan alam bawah laut Bali, yaitu di Tulamben. Pantai Tulamben yang terletak di posisi ujung timur Bali merupakan salah satu spot diving yang memiliki popularitas di tanah air maupun di dunia.

Perairan di sekitar Tulamben memang memiliki terumbu karang yang indah, apalagi ditambah dengan adanya kapal perang Amerika USS Liberty yang karam puluhan tahun lalu. Di mana sekarang menjelma menjadi rumah bagi ikan warna-warni dan berbagai biota laut lainnya.

Bersama Gelembung Samudera Dive Center, detikTravel mencoba untuk explore seluruh bagian kapal USS Liberty. Panjang kapal Liberty mencapai 120 meter dengan salah satu ujungnya berada di kedalaman 5 meter dan ujung lainnya berada di 29 meter.

Menelusuri kapal USS Liberty (Kamal/detikTravel)Menelusuri kapal USS Liberty (Kamal/detikTravel)

Salah satu pesona dari diving di Tulamben yaitu menelurusi bagian dalam kapal yang mudah dimasuki, karena bentuk kapal yang sudah hancur. Namun tetap waspada, banyak bagian kapal yang sudah rapuh.

Melakukan aktivitas diving di pagi hari, yaitu sekitar pukul 04.00-06.00 pagi. Ada satu lagi fenomena yang di cari oleh penyelam ke Tulamben, yaitu adanya ikan Bumphead parrotfish atau sering disebut oleh para diver Bumphead.

Ikan Bumphead Parrotfish (Kamal/detikTravel)Ikan Bumphead Parrotfish (Kamal/detikTravel)

Ikan itu merupakan ikan terumbu yang paling terbesar. Di sini detikTravel menemukan bumphead dengan panjang lebih kurang 100 cm .

Memang suasana menyelam di USS Liberty sangat dirindukan oleh para diver, khususnya karena banyak spot yang unik. Bahkan terkadang para diver menemuka mola mola di sini.

September 2017 nanti, detikTravel bersama Gelembung Samudera akan kembali ke Tulamben untuk mencari spot baru. Tunggu saja cerita berikutnya!

Ikan warna-warni di sekitar kapal (Kamal/detikTravel)Ikan warna-warni di sekitar kapal (Kamal/detikTravel)

(rdy/rdy)

Leave a Reply