Menu

Destinasi: Museum Seni Lukisan Bayangan Pertama di Dunia Ada di Jepang, Seperti Apa Isinya?

Museum Seni Lukisan Bayangan Pertama di Dunia Ada di Jepang, Seperti Apa Isinya?

Kofu – Bagi pecinta seni, Jepang punya destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Negeri Sakura ini punya museum seni lukisan bayangan pertama di dunia lho.

Tempat yang dikenal sebagai Shadow Art Museum Kofu itu berada di Lembah Shosenkyo yang cantik, di Prefektur Yamanashi, Jepang. Inilah museum yang berisi lukisan bayangan yang unik dan menakjubkan karya Fujishiro Seiji.

detikTravel melihat langsung karya sang seniman di museum pada Senin (21/11/2016) kemarin, dalam media trip Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Garuda Indonesia. Museum ini areanya tidak terlalu besar, tapi cukup banyak menampung karya-karya indah yang bisa dilihat traveler.

Museum tersebut berdiri tahun 1992. Dan pada tahun 1994, objek wisata seni ini tercatat dalam Guinness World Records sebagai museum seni lukisan bayangan pertama di dunia. Lukisan tersebut dihasilkan dari berbagai elemen seperti cahaya dan bayangan.

(Kurnia/detikTravel)Foto: (Kurnia/detikTravel)

Memasuki museum, ruangan gelap akan menyambut. Namun, di dindingnya tampak cerah dengan cahaya dari lukisan yang ada. Lukisan-lukisan ini dibuat dengan begitu teliti. Penggabungan warna, pencahayaan serta bayangan menghasilkan gambar yang memesona.

Sang seniman memang telah begitu ahli dalam menghasilkan karya yang bikin traveler terpana. Banyak gambar pemandangan alam, ada pula gambar wanita sedang naik kuda di bawah pohon yang rindang.

Selain itu, ada pula pameran dari seniman Takeshita Yumeji yang dikenal juga sebagai ‘Japanese Van Gogh’ serta seniman Takeshita Yumeji yang tak kalah keren. Pengunjung bebas berkeliling ke berbagai sisi museum untuk melihat karya para pelukis tersebut, tapi tidak boleh memotret selama di dalam.

Nah, setelah menikmati aneka lukisan, traveler bisa mampir ke toko suvenir di museum untuk membeli oleh-oleh. Kalau penasaran ingin melihat langsung seperti apa isi museum, traveler yang berencana liburan ke Jepang dapat mampir kemari setiap hari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Biaya masuknya sekitar 800 Yen (Rp 95 ribu) per orang.

(Kurnia/detikTravel)Foto: (Kurnia/detikTravel)

(krn/krn)

Leave a Reply