Menu

Destinasi: Tentang Rusa Sika, Hewan Suci dari Jepang

Tentang Rusa Sika, Hewan Suci dari Jepang

Hiroshima – Bila traveler plesir ke negeri Sakura jangan lewatkan tempat satu ini. Berada di sebuah pulau, Rusa di sini adalah hewan legenda dan dianggap sebagai hewan suci.

Berwisata ke Kuil Shinto Itsukushima di Pulau Miyajima, Prefektur Hiroshima, Jepang, jangan heran melihat puluhan ekor rusa bebas berkeliaran di sekitar kuil dan pemukiman warga. Meski dikategorikan hewan liar, Rusa di Miyajima terlihat ramah menyambut para pelancong di pulau suci Jepang.

detikTravel berkesempatan mengunjungi kuil yang dibangun sejak abad ke-6 ini beberapa waktu lalu. Rusa Putih Sika dianggap hewan suci karena dipercaya menjadi kendaraan Dewa Shinto Takemikazuchi dari Nara, kota yang pernah menjadi ibu kota kekaisaran Jepang, menuju Miyajima.

Melihat Rusa Sika, Hewan Suci yang Melegenda di JepangFoto: (Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)

Menurut legenda leluhur masyarakat Miyajima, dari abad ke-6 hingga abad ke-17, pernah diterapkan hukuman mati bagi siapa pun yang membunuh Rusa Sika. Meski demikian, di sekitar kuil terapung dipasang pengumuman bagi wisatawan, untuk tidak menyentuh dan memberi makan Rusa Sika tersebut. Para pelancong diimbau untuk menjaga jarak dengan rusa jantan, karena biasanya rusa jantan agresif saat musim kawin di kala musim gugur.

Selain itu, kita diminta berhati-hati membawa barang-barang pribadi, seperti peta atau barang lainnya yang berbahan kertas yang setiap saat bisa disantap tanpa permisi oleh kawanan Rusa Sika.

Rusa Sika menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkeliling di perkampungan samping Kuil Itsukushima. Rusa Sika bisa pula menjadi obyek foto “selfie” oleh wisatawan, tentunya selain pemandangan gerbang Tori Agung di yang terpancang di tengah perairan Miyajima.

Melihat Rusa Sika, Hewan Suci yang Melegenda di JepangFoto: (Muhammad Nur Abdurrahman/detikTravel)

Untuk sampai ke Pulau Miyajima, kita bisa menggunakan kapal ferry langsung dari Taman Perdamaian Hiroshima menyusuri Sungai Ota dengan jarak tempuh sekitar satu jam dengan tarif 2.000 Yen atau sekitar Rp 233 ribu sekali jalan atau 3.600 Yen atau sekitar Rp 420 ribu pergi-pulang.

Kita juga bisa menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Hiroshima dengan tarif 1.850 Yen atau sekitar Rp 215 ribu sekali jalan. Di Pelabuhan Hiroshima, penyeberangan ferry menuju Miyajima sebanyak 6-8 kali sehari.

Sekadar diketahui, Rusa Sika (Cervus Nippon) adalah jenis rusa dari keluarga Cervidae yang menempati wilayah Asia Timur. Habitatnya ada di hutan gugur di sebelah utara, hutan subtropis, dan hutan di daerah yang lebih hangat di sebelah selatan Asia Timur. Ia kerabat dekat dari rusa merah, rusa merah asia tengah, dan elk.

Wilayah Rusa Sika mulai dari Ussuri di Siberia sampai semenanjung Korea, Manchuria, Tiongkok sebelah utara dan selatan, Vietnam, Taiwan, dan juga Jepang. (mna/msl)

Leave a Reply