Menu

Destinasi: Wisata Budaya Sambil Belajar Masak di Bali, Ini Tempatnya!

Wisata Budaya Sambil Belajar Masak di Bali, Ini Tempatnya!

Tabanan – Libur akhir pekan yang anti mainstream di Bali, coba ke Rumah Desa di Tabanan. Di sana turis bisa kenal lebih dekat budaya Bali sekaligus belajar masak.

Bali tak sekadar pantai. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan, seperti wisata ke Rumah Desa di Desa Baru, Tabanan, Bali. detikTravel berkunjung ke Rumah Desa dalam Media Fam Trip Fame Hotel Sunset Road, Kuta, Bali, Sabtu (17/12/2016).

Rumah Desa mengajak traveler untuk menyelami keunikan budaya Bali, begitu pula kulinernya. Salah satu pilihan aktivitasnya adalah kelas memasak, baik kue, makanan utama termasuk sambal matah yang menggoyang lidah.

Dalam kelas memasakan ini banyak resep yang akan jelaskan ke peserta, bisa mencapai 21 resep. Pesertanya sendiri per kelompok maksimal 10 orang.

Membuat kue pulung-pulung (Kurnia/detikTravel)Membuat kue pulung-pulung (Kurnia/detikTravel)

Kegiatan biasanya diawali dengan belanja bahan di pasar, kemudian mulai memasakan. Langkah demi langkah memasak suatu hidangan akan diajarkan ke peserta. Tentunya dengan pemandu yang memberikan penjelasan dengan cara yang menarik serta mudah dimengerti.

detikTravel bersama rombongan sempat diajari cara membuat kue pulung-pulung serta sambal matah. Pembuatan kue pulung-pulung ini dipraktekkan langsung di dapur Rumah Desa. Begitu pula sambal matah yang terbuat dari beragam bumbu antara lain kecombrang, bawang merah serta cabai itu.

Kelas memasak ini maksimal 10 orang (Kurnia/detikTravel)Kelas memasak ini maksimal 10 orang (Kurnia/detikTravel)

Selesai diajari memasak, semua yang telah tersaji bisa dinikmati bersama. Setelahnya, sebelum beranjak ke destinasi lainnya, detikTravel beserta rombongan diajak untuk makan siang dulu di Rumah Desa. Menunya pun aneka makanan lezat khas Bali, termasuk sambal matah yang tadi baru dibuat. Nyam!

Paket kelas memasak biasanya mulai dari pagi hingga siang hari. Paketnya sendiri bisa dipilih, ada fun program, short dan full.

Bedanya dengan paket full, paket fun dan short tidak termasuk berbelanja di pasar. Nah, traveler yang tertarik mengisi liburan dengan belajar memasak di Rumah Desa ini, sebaiknya reservasi terlebih dahulu ya.

Bahan sambal matah (Kurnia/detikTravel)Bahan sambal matah (Kurnia/detikTravel)

(fay/fay)

Leave a Reply