Menu

Gaet Wisatawan, Cilacap Gelar Festival Nelayan

CILACAP, JalanJalanSeru.com: Menggaet kunjungan wisatawan agar berwisata ke Cilacap Jawa Tengah, Pemkab Cilacap dan nelayan mengelar proses sedekah laut yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Dan diganti resmi berganti nama menjadi Festival Nelayan. Kegiatan bertajuk Festival Nelayan yang dilaksanakan dengan menggelar berbagai upacara tradisi ini, berlangsung mulai Jumat (27/9).

”Kegiatan yang digelar dalam festival memang tidak berbeda dengan dengan kegiatan yang dilaksanakan pada acara Sedekah Laut. Namun nama acaranya kita ganti menjadi ‘Festival Nelayan, agar tidak menimbulkan kontroversi di masyarakat,” jelas Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto dalam keterangan resminya, Sabtu (28/09/2019)

Pihaknya tetap menggelar kegiatan tersebut, mengingat berbagai upacara tradisi cukup mendapat perhatian masyarakat. ”Hal ini merupakan bagian agar minat wisatawan untuk berkunjung ke Cilacap, terutama kawasan pantainya, dapat terus meningkat,” katanya.

Meski upacara tradisi yang digelar tidak mengalami perubahan, namun Heroe mengakui, beberapa tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan upacara tradisi memang mengalami perubahan. Antara lain, seperti acara kirab yang sebelumnya berawal dari pendopo Setda Cilacap, dipindah ke Lapangan Batalyon.

Dilanjutkan, pemindahan lokasi keberangkatan kirab ini dilakukan diputuskan berdasarkan beberapa pertimbangan. Antara lain, agar masyarakat yang bisa menyaksikan kegiatan bisa lebih banyak. ”Kalau tetap dilaksanakan di pendopo, tidak semua warga bisa masuk komplek pendopo karena kapasitasnya terbatas. Tapi kalau dilaksanakan di lapangan, justru seluruh warga yang hadir bisa menyaksikan,”’ katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan kirab tersebut ada 10 jolen sesaji yang diarak oleh nelayan yang mengenakan pakaian tradisional. Ke-10 jolen tersebut, melakukan pawai menuju Pantai Teluk Penyu melalui jalur yang melalui Alun-alun Kota Cilacap. Jolen sesaji tersebut, kemudian diserahkan pada kepada sesepuh Kelompok Nelayan Pandanarang, untuk dinaikkan ke atas perahu dan dilarung di sisi selatan Pulau Nusakambangan.

Kota Cilacap terletak di pesisir selatan. Kotanya memang kecil, namun bukan berarti gak asyik untuk dijelajahi. Ternyata ada 36 obyek wisata yang unik dan menarik. Dari jumlah itu ada destinasi yang menarik dan instagramable, antara lain:

#. Pantai Teluk Penyu

Berwisata di pantai Teluk Penyu, idealnya sih berkunjung sebelum subuh, supaya kamu bisa menikmati matahari terbit di pantai ini. Namun, datang selepas fajar pun gak masalah. Malah bisa lebih puas menikmati pantai dengan banyaknya perahu-perahu nelayan yang mulai melaut. Yang unik dari pantai ini, pasirnya warna hitam karena mengandung bijih besi. Selain itu, puluhan trekdam atau pemecah gelombang di sepanjang pesisirnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Kalau punya nyali, kamu bisa berjalan di atas trekdam hingga ke ujung. Trekdam ini kerap ramai sebagai spot memancing juga, lho.

#. Benteng Pendem

Berdekatan dengan pantai Teluk Penyu, masih ada satu tempat wisata yang pantang kamu lewatkan, yaitu Benteng Pendem. Wisata ini merupakan bekas markas tentara Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1861. Dinamakan Bentem Pendem karena dulunya bangunan benteng dengan luas sekitar 6,5 hektar tersebut sempat terpendam atau tertutup tanah selama bertahun-tahun. Barulah di tahun 1986, pemerintah kabupaten Cilacap menggali bangunan ini dan menjadikannya sebagai obyek wisata sejarah.

#. Hijaunya Kemit Forest

Suasana pegunungan yang asri yang memanjakan mata dengan hamparan bukit hijau. Kemit Forest ini merupakan salah satu wisata edukasi juga, yakin deh bikin kamu bakal betah nongrong dan foto-foto lama di sini.

#. Selok View

Sekali dayuh dua tiga pulau terlampaui. Begitulah gambaran ketika kamu ke Selok View, karena kamu akan disuguhi keindahan birunya laut dan hijaunya bukit dalam sekali memandang.

#. Hutan Payau Mangrove

Eits, jalan-jalan di tengah Hutan Mangrove ini bakal bikin kamu enggak mau cepat-cepat pulang. Matamu akan dimanjakan hijaunya hutan mangrove dan sensasi berjalan di atas laut. Yakin gak mau nyoba?

#. Taman Taliasmoro

Warna-warni bunga yang cantik di Taman Bunga Taliasmoro ini akan bikin hati kamu tambah berbunga-bunga kalau ke sini.

#. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana dengan pasir putihnya serta deburan ombak yang menghempas karang dan indahnya Pulau Nusakmbangan bisa jadi destinasi penutup spesial di trip hits kamu di Cilacap. (ndy)

Leave a Reply