Menu

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Berwisata Di Saat Mendadak

Tanpa merencanakan perjalanan dapat menjadi salah satu pilihan wisatawan saat ingin berlibur. Sensasi keseruan perjalanan akan dirasakan berbeda dengan menggunakan perencanaan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan tanpa perencanaan.

“Kalau mendadak mau berangkat liburan sih harus tetap bawa buku panduan wisata. Misalnya, aku bawa Lonely Planet buat referensi dan juga browsing buat kroscek hotel yang terpercaya,” kata salah satu narasumber talkshow “The Beauty of Spontaneous Travel”, Ungkap Nila Tanzil.

Wanita yang telah berwisata ke 28 negara di dunia ini juga merekomendasikan untuk melakukan kroscek kualitas penginapan ke situs web perjalanan yang sudah diakui reputasinya di dunia. Nila mencontohkan untuk menggunakan situs web yang berisi ulasan-ulasan penginapan, yaitu TripAdvisor.

“Nah, begitu sampai bandara, biasanya aku langsung beli kartu SIM (Subscriber Identity Modul) handphone supaya bisa browsing-browsing,” lanjutnya.

Selain itu, Nila juga menyarankan untuk tidak malu bertanya kepada warga lokal di destinasi wisata yang dikunjungi. Hal tersebut, menurut dia, juga memudahkan untuk mendapatkan informasi tambahan.

“Kalau tanya sama warga lokal kan bisa dikasih tahu penginapan yang murah tapi nyaman. Tempat-tempat wisata yang menarik juga,” pungkasnya.

Nila menyimpulkan bahwa berwisata secara mendadak pun juga pada dasarnya melakukan perencanaan. Namun, perbedaannya adalah waktu untuk menyusun perencanaan.

“Kalau aku sih memang mayoritas traveling secara dadakan. Ya, karena banyak acara jadi susah untuk merencanakan waktu. Intinya sih tetap riset-riset juga pas di sana,” tutupnya.


Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : I Made Asdhiana

Leave a Reply