Menu

Indonesia Pasar Wisatawan Besar Royal Caribbean Cruise

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Destinasi wisata di Asia masih menjadi pilihan penumpang kapal pesiar Royal Caribean Cruises dari Indonesia, kata  Angie Stephen, Managing Director Asia Pacific dari Royal Caribbean Cruises, hari ini.

Berbicara pada jumpa pers di Resto Palalada, Grand Indonesia, Jakarta, Angie mengatakan keberadaannya di Jakarta untuk mempromosikan Voyager of the Seas ‘South East Asia season’ dari Royal Caribbean International mulai bulan September 2018 hingga Juni 2019 di Indonesia.

Menurut dia, prospek bisnis cruise di Indonesia masih sangat besar meskipun baru 1,2 % dari orang Indonesia yang sudah mencoba berwisata dengan kapal pesiar.

Angie Stephen, Managing Director Asia Pacific Royal Caribbean Cruises

“ Bagi kami pasar Indonesia telah tumbuh 25%. Penumpang kapal kami dari Indonesia pada tahun 2017 misalnya, meningkat sebesar 40 persen dibandingkan 2016 dengan total 46.500 penumpang,” ungkap Angie Stephen.

Peluang pasar yang besar dari Indonesia karena berwisata sudah menjadi bagian dari lifestyle terutama di kalangan milenial. Selain itu, jumlah penduduknya yang besar dan kini banyak wisatawan Indonesia yang mencari opsi baru dibandingkan dengan wisata darat tradisional.

Oleh karena itu kehadirannya untuk mempromosikan dan menawarkan sebanyak 90 pelayaran dari tiga hingga sembilan malam dari Singapura ke tujuan regional populer dari kapal Voyager of the seas.

Rute yang disukai pasar Indonesia sejauh ini adalah pelayaran empat hari / tiga malam Royal Caribbean Cruises ke Malaysia dan Thailand.

Angie menambahkan pihaknya sekaligus memberikan informasi pada pers Indonesia ada 25 merek kapal termasuk yang terbesar dan revolusioner Oasis class dan Quantum Class yang beroperasi 2019.

“Kami juga ingin menginformasikan bahwa kapal-kapal Royal Caribbean Cruises selain berlayar di Asia juga ke Alaska, Eropa, Pasifik Selatan dan Karibia,” kata Angie Stephen yang sudah 20 tahun bergabung dengan Royal Caribbean Cruises Ltd. (RCL), bermarkas di Miami, Florida, AS.

Paket cruises Asia Tenggara yang tengah dipromosikannya di Indonesia melalui PT Multi Alam Bahari Internasional sebagai general sales agentnya adalah pelayaran dari Singapura mulai September 2018 hingga Juni 2019.

“Paketnya a.l 4 malam Kuala lumpur, Phuket, Thailand, sedangkan untuk paket 5 malam singgah di  Kuala lumpur dan Penang, Malaysia, lanjut ke Phuket dan Bangkok, Thailand,” ujarnya.

Angie Stephen bersama tim PT Multi Alam Bahari Internasional, marketing Royal Caribbean Cruises di Indonesia

Untuk 2018 dari Asia Cruise Trends Study optimistis pasar cruises tumbuh 20,6% dari 4 juta penumpang di kawasan ini,  dimana kontribusi utama adalah dari pasar China 58%, Taiwan 9,2%, Singapura 6,6%, Jepang 6,5%, Malaysia 4,6%, India 4,2% dan Indonesia 1,2%.

Kontribusi lainnya dari pasar Pilipina 1%, Korsel 1%, Thailand 0,7 % dan Vietnam baru 0,2% yang sudah mencoba berwisata dengan kapal pesiar. Indonesia yang prosentasenya lebih unggul juga karena besarnya minat perusahaan untuk mengadakan kegiatan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition ( MICE) di atas kapal Royal Caribbean Cruises.

Pemesanan insentif perusahaan di Indonesia memberikan kontribusi besar dengan menyelenggarakan
kegiatan insentif di pelayaran akhir pekan untuk memungkinkan pesertanya kembali ke Indonesia pada hari Senin.

Kegiatan incentive menggabungkan pertemuan di atas kapal dengan permainan dan fasilitas di atas kapal atau program outbound  yang dibuat khusus di pelabuhan tujuan.

Pada kesempatan yang sama, PT Multi Alam Bahari International ingin mempromosikan Symphony of the Seas milik Royal Caribbean International, terutama pelayaran di Karibia guna menarik klien untuk menjelajah di luar rute pelayaran Asia.

“Di Karibia, hanya penumpang kapal pesiar kami yang bisa masuk pulau Coco Cay, tempat singgah untuk wisata bahari yang lengkap dengan fasilitas mewah ,” kata Angie yang pernah menjabat  sebagai Wakil Presiden Asosiasi Pengembangan Pasar untuk China mengakhiri jumpa persnya.

 

The post Indonesia Pasar Wisatawan Besar Royal Caribbean Cruise appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply