Menu

Jatiluwih Tempat Liburan Favorit Wisatawan

Tempat wisata Bali di Jatiluwih – Banyak sekali objek wisata Bali yang menjadi favorit wisatawan. Tapi biasanya wisatawan hanya berkunjung ke pantai atau tempat penjualan oleh oleh. Tak salah jika pantai pantai di Bali menjadi tempat wisata favorit di Bali. Selain karena keindahan pantainya, fasilitas yang disediakan juga telah sangat mendukung. Tak jarang banyak tempat penginapan ataupun fasilitas lainnya yang berstandar internasional.

Tempat wisata Bali di Jatiluwih

tempat wisata bali di Jatiluwih
Jatiluwih
Namun Bali bukan hanya pantai, masih banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Jatiluwih. Jatiluwih merupakan sebuah warisan budaya dan termasuk dalam UNESCO World Heritage sebagai warisan budaya yang masih terjaga rapi. Jatiluwih merupakan salah satu tempat di Bali yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Jatiluwih merupakan sebuah kawasan persawahan dengan susunan terasering atau dibuat berundak dengan sistem pengairan subak, yang merupakan cara pemgairan tradisional Bali. 
Kawasan wisata Jatiluwih memiliki luas sekitar 636 Hektar. Anda akan merasakan udara yang sejuk jika berkunjung ke tempat ini, hal ini tak lain dikarenakan Jatiluwih berada di dataran tinggi wilayah pegunungan Batukaru dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Untuk menuju ke tempat wisata Bali di Jatiluwih anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1.5 jam perjalanan. Jatiluwih kurang lebih berjarak 58 km dari Bandara Ngurah Rai atau 28 Km di bagian utara kota Tabanan, Bali. 
Selain menikmati keindahan dan panorama pegunungan yang indah, tempat wisata Bali di Jatiluwih juga memiliki atraksi menarik dalam ritual upacara keagamaan yang diadakan setiap 210 hari sekali yaitu pada hari Wali, Petoyan, Patirtan, Rabu kliwon Ugu. Pada puncak acara biasanya akan dipentaskan juga tari Wali Pendet sakral yang jarang dipentaskan kecuali untuk upacara keagamaan dan hari besar. Perayaan ini sebagai sujud syukur atas anugrah yang dilimpahkan-Nya, mendoakan agar alam tetap seimbang. Selain itu ada pula sebuah pura yang sering digunakan untuk berdoa kepada dewi kemakmuran dan dewi kesuburan. 
Oleh Unesco, daerah Jatiluwih dengan sistem pengairan subaknya ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang patut dilestarikan. Karena didunia hanya, disinilah satu satunya terdapat sebuah sistem pengairan yang unik. karena keindahannya, tak salah jika Jatiluwih menjadi salah satu tempat wisata Bali yang banyak diminati para wisatawan sebagai destinasi tujuan wisata. Cari tempat liburan di Bali yang menarik selain pantai? Liburan ke tempat wisata bali di Jatiluwih saja, atau mampir aja ke Pantai romantis Jimbaran.

Leave a Reply