Menu

Joger tempat oleh oleh lucu dan menarik

Tempat wisata joger di Bali pusat oleh oleh lucu dan menarik. Bali oh Bali siapa yang kenal dengan destinasi wisata yang satu ini. bali terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Keindahan pulaunya serta keramah tamahan penduduknya, menjadi daya tarik utama pulau ini. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Bali menjadi salah satu penyumbang devisa bagi negara khususnya dibidang pariwisata. 

Tempat wisata Bali Joger

Tempat wisata Bali Joger
Tempat wisata Bali Joger
Salah satu tempat di bali yang ramai dikunjungi adalah Joger. Tentu nama joger sudah tidak asing lagi ditelinga wisatawan. Joger merupakan sebuah toko pusat oleh oleh khas bali yang terkenal oleh oleh khas seperti kaos, tas, sendal yang bertuliskan kata kata unik. Bahkan joger sering disebut dengan “pabrik kata kata”. Tak lengkap rasanya jika kita mengenal joger, namun tidak tahu sejarahnya.

Sejarah singkat Joger

Joger duhulunya merupakan sebuah galeri yang hanya menjual barang seni dan batik. Tapi, kini Joger telah menjadi sebuah pusat oleh oleh yang menjadi destinasi belanja favorit para wisatawan saat melancong ke Bali. Belum lengkap rasanya ke Bali tapi belum mempir ke Joger yang unik. Letaknya yang strategis dekat dengan kawasan Pantai Kuta membuat Joger selalu ramai didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara
Sekitar tahun 1980 Joseph Theodorus Wulianadi (pemilik joger) mengawali usahanya di sebuah toko biasa yang terletak di Jl. Sulawesi 37, Denpasar. Awalnya si pemilik belum memiliki nama khusus untuk Toko tersebut, padahal toko – toko yang berada di sekitarnya sudah memiliki nama sendiri, bahkan Dinas perdagangan Denpasar harus meminta agar Joseph Theodorus Wulianadi segera memberi nama Toko tersebut agar lebih memudahkan bagi para pembeli yang datang dan membedakan tokonya dengan toko lain disekitarny. Si pemilik ini pun kemudian berpikir keras dan merenungkan nama untuk tokonya. Ia menginginkan sebuah nama yang unik, yang mudah diingat, dan lebih berkesan kepada pembeli dibanding nama nama toko pada umunya. 
Akhirnya ia pun teringat dengan jasa besar seorang kawan lamanya saat sekolah dulu  di Hotelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970-an yang bernama Mr. Gerhard dimana dia telah memberikan dana sebesar $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan Joseph dengan Ery Kusdarijati.
Akhirnya untuk menghargai jasa teman lamanya itu, Joseph menemukan sebuah nama yang pas yaitu JOGER. Yang merupakan kata yang diambil dari dua orang sahabat tersebut. Suku kata “Jo” diambil dari namanya sendiri yaitu Joseph, serta suku kata “Ger” diambil dari nama sahabatnya Gerhard. Nama inilah yang kemudian sampai sekarang terus dikenal untuk nama toko ini.
Pada tanggal 19 Januari 1981 adalah hari lahir joger dimana nama joger secara resmi mulai digunakan sebagai nama tokonya. Namun nama tokonya saat itu belum murni mengambil kata  JOGER saja tapi masih disebut “ART & BATIK SHOP JOGER”. Pada awalnya nama joger masi terdengar asing ditelinga masyarakat serta para wisatawan. Namun karena kegigigihan, serta keuletannya untuk memasarkan produk produknya seperti kaos, tas, dan souvenir lainnya, lama kelamaan akhirrnya membuahkan hasil yang manis. Nama Joger menjadi salah satu pusat oleh oleh khas dan paling diminati di Bali. Karena keunikan pada setiap souvenirnya yang berupa kata kata, maka Joger sering disebut Pabrik Kata kata. Jangan lupa ya kunjungi tempat wisata oleh oleh joger di Bali

Leave a Reply