Menu

Kapal Pesiar Angkut Turis Aussie Jelajahi Pantai Tanjung Kalian

MUNTOK BANGKA BARAT, JalanJalanSeru.com: Pantai Tanjung Kalian di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal disinggahi kapal pesiar dari Australia atau Aussie. Cruise yang mengakut wisatawan Australia ini akan menginjakkan kaki dan menjelajahi Pantai Tanjung Kalian dikenal sangat indah dan panorama alam bahari yang menyejukkan.

“Pertengahan April 2019 kapal pesiar itu akan berlabuh di Tanjung Kalian. Diperkirakan sekitar 120 orang wisatawan ditambah sekitar 200 petugas kapal dari berbagai negara akan datang ke Muntok guna menikmati keindahan Pantai Tanjung Kalian,” kata Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Sabar Maruli Tua.

Kedatangan wisatawan menggunakan kapal pesiar berbendera Australia tersebut diperkirakan akan tiba di Muntok sekitar 24 April 2019 dan hanya mengunjungi satu lokasi untuk berwisata. “Masalah izin keimigrasian, jadi mereka hanya bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Kalian, tidak bisa masuk ke dalam kota Muntok yang memiliki banyak objek wisata sejarah,” katanya.

Guna menyambut kedatangan wisatawan mancanegara tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sudah menggelar beberapa kali koordinasi dengan instansi terkait.

Rapat koordinasi itu diharapkan mampu memaksimal penyambutan, baik dalam sisi pengamanan maupun sajian berbagai kuliner, seni dan budaya lokal. “Kedatangan wisatawan tersebut kami harapkan mampu menjadi ajang promosi wisata daerah agar semakin dikenal di dunia internasional,” kata dia seperti dilansir Antara, Senin (04/03/2019).

Berbagai persiapan terus dilakukan, agar waktu kunjung hanya sekitar lima jam bisa dimaksimalkan untuk promosi wisata Bangka Barat. Berbagai pertunjuksan seni lokal akan diupayakan agar bisa tampil, antara lain seni tari campak, dambus dan lainnya. “Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian juga menyiapkan berbagai materi produk pelaku usaha lokal yang akan dipamerkan dalam kegiatan itu,” katanya.

Pantai Tanjung Kalian ini memiliki mercusuar tua yang dibangun tahun 1862 dengan tinggi 65 meter. Pantai ini berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Muntok, dan menjadi pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan karena letaknya tepat di sebelah Pelabuhan Tanjung Kalian, pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera.

Pantai Tanjung Kalian berpasir putih dan tidak memiliki batu-batu granit raksasa seperti kebanyakan pantai di Bangka Belitung. Terdapat banyak Pohon Ketapang di pantai. Pantai ini juga menjadi saksi sejarah karena menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi Bapak Pendiri Bangsa, Ir. Soekarno, saat dibuang di masa – masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pantai ini juga menjadi saksi sejarah kelam tragedy Pembunuhan Massal (Banka Massacre) yang terjadi pada masa perang Dunia II. Pada Bulan Februari 1942, kapal Vyner Brooke yang membawa serdadu luka serta 64 perawat Australia dari Singapura di tenggelamkan oleh Tentara Jepang.

Sebanyak 22 orang yang selamat dari pemboman kapal kemudian menyerahkan diri, namun mereka dibunuh. Hanya 1 orang perawat yang selamat dari peristiwa tersebut. Untuk mengenang para korban Bangka Massacre, dibangun tugu memorial di pantai, di depan menara suar tanjung Kalian.

Pantai ini biasanya ramai dikunjungi warga di sore hari. Biasanya orang-orang datang untuk bersantai sambal menikmati otak-otak dan empek-empek yang banyak dijual oleh warga sekitar. Di dekat Pantai Tanjung Kalian terdapat Pantai Asmara dan Pantai Batu Rakit yang juga sering dikunjungi terutama pada hari libur. (NDY)

The post Kapal Pesiar Angkut Turis Aussie Jelajahi Pantai Tanjung Kalian appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply