Menu

Lantamal Kembangkan Wisata Edukasi & Bahari Pantai Hamadi

Pantai Hamidi Jayapura

JAYAPURA, Bisniswisata..co.id: Pangkalan Utama AL (Lantamal) X Jayapura mengembangkan wisata edukasi dan bahari di bibir pantai Hamadi, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Mengingat, kawasan tersebut merupakan salah satu tempat pendaratan tentara sekutu pada Perang Dunia (PD) II.

“Di bibir pantai Hamadi ini terdapat berbagai peninggalan barang-barang bersejarah masa PD II yang perlu dilestarikan, hal ini yang membuat Lantamal X Jayapura merasa perlu dikembangkan menjadi daerah wisata edukasi bagi para pelajar dan warga Kota Jayapura,” kata
Komandan Lantamal X Jayapura Kolonel Marinir Ipung Purwadi, di Jayapura, Ahad

Menurut dia, di bibir pantai Hamadi yang tak jauh dari lokasi Lantamal X, terdapat tiga unit tank dan panser peninggalan tentara sekutu yang telah menjadi monumen bersejarah dan selalu dibersihkan oleh petugas karena benda-benda tersebut merupakan saksi bisu sejarah beberapa puluh tahun lalu di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

“Nantinya di bibir pantai tersebut akan kami tata sejumlah tempat duduk, tempat bermain untuk anak-anak dan mungkin ada kuliner khas nusantara dan Papua. Semuanya kami akan berdayakan masyarakat sekitar, agar rasa memiliki benda bersejarah dan tempat wisata edukasi ini,” katanya.

Hanya saja, kata mantan Atase Pertahanan (Athan) di Mesir seperti dilansir laman Antaranews, Lantamal X Jayapura harus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan agar agenda pengembangan wisata di bibir pantai Hamadi bisa segera diwujudkan secepatnya.

Apalagi, pada 2020 nanti Kota Jayapura merupakan salah satu daerah yang akan menjadi tempat pelaksanaan PON ke-XX. “Dalam pengembangan wisata edukasi ini, Lantamal X Jayapura tidak akan bekerja sendiri, kami akan menggandeng para pemangku kepentingan untuk ikut terlibat. Salah satunya dengan Pemerintah Kota Jayapura sebagai pemilik kawasan dan juga pihak lainnya,” katanya.

Mengenai bibir pantai yang terlihat mulai terjadi abrasi, Ipung mengakan hal itu yang akan segera dikerjakan oleh pihaknya sehingga pengembangan wisata edukasi bisa segera terlaksana.

“Harapannya pemerintah daerah, atau Kota Jayapura bisa ikut membantu untuk pengembangan wisata edukasi ini. Bibir pantai Hamadi perlu pencegahan abrasi dari air laut. Kami akan segera menyurat kepada beberapa pihak agar bisa bersinergi untuk pengembangan wisata di Kota Jayapura,” sambungnya. (NDHYK)

Leave a Reply