Menu

Liburan ke Objek Wisata Bedugul

Liburan ke Objek Wisata Bedugul – Untuk Para wisatawan tentu sudah tidak asing dengan objek wisata Bedugul yang terletak di Pulau Bali. Bedugul merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bedugul merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai. Objek wisata Bedugul terletak di sebuah desa bernama desa Candi Kuning, di Kecamatan Baturiti, Kab. Tabanan Bali kurang lebih 45 km dari pusat kota kabupaten. Jika dari kota Denpasar jaraknya berkisar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya. Bedugul sangat ramai dikunjungi oleh wisatwan yang ingin menikmati hawa sejuk pegunungan.

Objek Wisata Bedugul Di Bali

Objek Wisata Bedugul
Objek Wisata Bedugul
Objek wisata Bedugul terletak di dataran tinggi, terdapat pula sebuah danau yang bernama Danau Beratan yang berada di ketingian 1250 meter diatas permukaan air laut. Bedugul memiliki suhu di kisaran 17 hingga 25 derajat celcius, sering kali saat kita bernafas akan mengeluarkan uap hangat yang bisa di lihat dengan mata telanjang karena suhu yang cukup dingin di kawasan objek wisata Bali ini. Ada pula sebuah Pura yang terdapat di Danau Beratan yang dikenal dengan sebutan Pura Ulun Danu.

Sejarah singkat nama bedugul

Ada beberapa versi yang menyebutkan tentang sejarah asal usul nama Bedugul antara lain ialah, Bedugul di ambil dari kata “Bedug” karena adanya masyarakat Muslim di daerah ini dan Kul dari Kul-kul yang merupakan alat komuniksi masyarakat Bali yang hampir sama fungsinya seperti kentongan. Perpaduan dua kata Bedug dan Kul akhirnya menjadi nama Bedugul. Versi lain sejarah asal usul nama Bedugul yaitu dimana pada jaman dahulu seorang raja yang sedang mandi di Danau Beratan dan di lihat oleh warga sekitar, sambil mereka mengatakan bedogol Raja kelihatan.

Sejarah Pura Ulun Danu di Bedugul

Di halaman depan pura tepatnya disebelah kiri Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan papan batu, yang diteliti berasal dari zaman megalitik, sekitar 500 tahun SM.  Dalam lontar Babad Mengwi menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu yang merupakan pendiri kerajaan Mengwi mendirikan sebuah Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun. Dalam lontar Babad Mengwi  tidak disebutkan kapan tepatnya beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar Babad Mengwi adalah waktu pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun saka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu medapat gelar dari rakyatnya ” I Gusti Agung Sakti “. Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:

  • Pura Lingga Petak, 
  • Pura Penataran Pucak Mangu, 
  • Pura Terate Bang 
  • Pura Dalem Purwa 

Di Bedugul ada sebuah masjid yang berusia cukup tua yang bernama Masjid Besar AL-Hidayah. Masjid ini berada di atas sebuah bukit kecil di sisi sebelah barat Danau Beratan. Didaerah ini islam dan agama hindu sangat toleran, jarang ada gesekan antar umat agama. Di Bedugul banyak dijumpai masjid-masjid jadi untuk anda muslim yang ingin menjalankan sholat tidak perlu khuatir.
Beberapa objek wisata juga terdapat di kawasan Bedugul antara lain, Pura Luhur Ulun Danu Bedugul, Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Buyan, Kebun Raya Eka Karya Bedugul,  Air Terjun Git-git dan Air Panas Angseri. Dengan banyaknya objek wisata di kawasan Bedugul, Anda tidak akan merasa bosan jika berkunjung ke objek wisata Bedugul , Bali

Leave a Reply