Menu

Nikmati Wisata Kuliner di Lombok Dari Sate Bulayak hingga Sayur Ares

Nikmati Wisata Kuliner di Lombok Dari Sate Bulayak Hingga Ares – Lombok memang memiliki banyak potensi wisata alam, mulai dari berbagai pulau dengan hamparan pantainya yang indah, hingga gunung yang memiliki kawah gunung menarik. Selain potensi wisata alam, Lombok pun memiliki banyak potensi wisata kuliner dengan beragam masakan khas Lombok yang menarik. Apa saja pilihan wisata kuliner di Lombok? Ini dia ulasannya untuk Anda.

image of wisata kuliner lombok sate bulayak

1.Sate Bulayak

Nah, salah satu pilihan wisata kuliner di Lombok ini sebenarnya merupakan sajian sate biasa yang menggunakan daging sapi. Namun rupanya, yang membedakan Sate Bulayak dengan sate biasa adalah bumbu khas Sasak-nya yang dilumuri pada daging sapi sehingga memberikan cita rasa yang khas Lombok. Selain itu, perbedaannya juga terletak pada bentuk lontong yang disajikan bersama Sate Bulayak. Berbeda dengan bentuk lontong pada umumnya, lontong yang digunakan sebagai teman sajian sate ini berbentuk lonjong dan biasanya dimasak menggunakan bungusan daun aren atau daun enau yang melingkupi lontong. Oh iya, salah satu hal menarik lain dari sajian sate ini adalah, biasanya para penjual tidak akan menyediakan sendok atau garpu untuk menyantap Sate Bulayak. Mengapa? Katanya sih memang budayanya begitu, ya.

gambar dari wisata kuliner sayur ares

2.Sayur Ares

Ares adalah kuliner khas Lombok yang merupakan sajian sayur. Ares adalah masakan yang terbuat dari pelepah pisang. Jangan kabur dulu, rasanya enak, kok! Pelepah pisang yang ternyata dapat diolah menjadi masakan di Lombok ini rasanya sedap, bahkan telah menjadi masakan yang populer di Lombok. Pelepah pisang yang digunakan dalam Ares adalah pelepah pisang yang masih berusia muda, diambil bagian dalamnya, diiris tipis, diberi garam, diremas-remas, baru kemudian dicuci. Pelepah pisang kemudian dimasak bersama beberapa bahan bumbu seperti jintan, ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kemiri, serta bawang putih dan merah. Racikan bumbu ini kemudian dimasak dengan pelepah pisang yang telah dibersihkan dan santan.

gambar dari wisata kuliner plencing kankung

3.Plencing Kangkung

Dari namanya, pasti Anda sudah bisa menebak bahwa kuliner khas Lombok ini merupakan sebuah sajian sayur. Memang benar, Plencing Kangkung yang dapat ditemukan pada hampir semua tempat makan di Lombok ini adalah sajian sayur kangkung yang direbus, sambal tomat, toge serta kacang goreng yang membantu menyeimbangkan rasa pedas dari sambal tomat tadi. Plencing Kangkung rasanya akan sangat menarik di lidah Anda, salah satunya karena kangkung Lombok yang digunakan ini rasanya berbeda dengan kangkung Jawa yang biasa Anda makan.

gambar kuliner lombok bebalung

4.Bebalung

Bebalung merupakan bahasa Sasak yang memiliki arti ‘tenaga’. Dan memang benar, menurut kepercayaan warga setempat, kuliner khas Lombok ini dapat menambah stamina dan vitalitas. Bebalung merupakan suatu sajian iga sapi atau iga kerbau. Iga sapi maupun iga kerbau dimasak bersama racikan bumbu dari lengkuas, jahe, kunyit, bawang merah dan putih, serta cabai rawit. Bebalung kemudian disajikan di dalam sebuah mangkuk, lalu diberi taburan bawang merah goreng. Salah satu yang membuat Bebalung menjadi sajian yang sedap berasal dari empuknya daging iga saat digigit.

image kuliner lombok ayam taliwang

5.Ayam Taliwang

Mungkin Anda mengetahui Ayam Taliwang karena rasanya yang terkenal sangat pedas. Wah, rupanya sajian ayam ini merupakan salah satu kuliner khas Lombok, lho. Ayam Taliwang merupakan sebuah sajian ayam yang umumnya dimasak dengan cara dibakar, digoreng maupun dipanggang. Ayam Taliwang akan semakin sedap rasanya jika dalam masakannya menggunakan ayam kampung muda. Wih, siap-siap merasakan pedas yang meledak di mulut ya saat menyantap Ayam Taliwang!

Nah, itu dia beberapa pilihan wisata kuliner di Lombok yang dapat menggugah selera Anda selama di pulau eksotis ini.


paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply