Menu

Perairan Pulau Lahe, Destinasi Baru Penyelaman di Pohuwato

POHUWATO, GORONTALO, JalanJalanSeru.com: Terumbu karang dan biota di perairan Pulau Lahe telah membuka mata penggemar wisata selam dengan keindahan dan keunikannya. Eksplorasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pohuwato memberi informasi yang signifikan tentang pesona bawah laut pulau kecil ini.

Koral yang masih alami belum terjamah tangan manusia menjadi rumah bagi ikan dan hidupan liar bawah lautnya yang menarik. Jeninsya sangat beragam, memberi daya tarik bagi yang ingin melakukan penyelaman di sini. Inilah spot penyelaman eksotis yang baru diperkenalkan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

“Kami sedang mengenalkan Pulau Lahe yang eksotis ke wisatawan penggemar selam,” kata Irfan Saleh, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan (Baperlitbang) Kabupaten Pohuwato, seperti dilansir laman Kompas.com, Sabtu (5/1/2019).

Pulau Lahe adalah pulau kecil yang berada di Teluk Tomini. Pulau ini memiliki kekayaan keanekaragaman hayati bawah air yang menawan. Selama ini potensinya belum digarap, bahkan informasinya sangat minim. Namun sejak Pemkab Pohuwato melakukan eksplorasi dan pendataan, pulau ini mulai dilirik para penyelam, termasuk yang biasa ke Kepulauan Togean.

Destinasi baru Pulau Lahe ini menjadi alternatif para penyelam dunia sebelum atau sesudah ke Togean. “Wisatawan mancanegara mulai berdatangan, ini kabar yang menggembirakan,” ujar Irfan Saleh.

Kerapatan koral dan keberagaman jenisnya menjadi daya tarik yang memikat, juga biota lain yang hidup di sekitarnya. Bagi banyak penyelam, ini adalah nilai yang tinggi untuk turun ke laut sekitar Pulau Lahe.

Selain Perairan Pulau Lahe, Gorontalo menjadi daerah wisata bahari yang jarang dikunjungi orang. Maklum saja, kota yang satu ini masih sedikit asing di telinga kita. Padahal, Gorontalo memiliki keindahan wisata bahari Pulau yang luar biasa, antara lain:

#. Pulau Cinta
Nama pulau ini tidak asing lagi di telinga para traveler. Pulau ini diberi nama “Pulo Cinta” karena terdapat gundukan pasir putih menyerupai bentuk hati di tengah-tengah pulau. Pulo Cinta menjadi tempat wisata yang sangat wajib dikunjungi. Maladewa versi Indonesia ini sungguh memukau dan cantik. Jarak tempuh ke pulau ini sangatlah dekat. Cukup 20 menit berkeliling di kapal, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Pulau ini juga memiliki hotel mengapung yang bisa Anda coba. Harga penginapannya terbilang mahal, tapi biayanya sesuai dengan apa yang bakal didapatkan. Pulau Cinta bukan hanya menyuguhkan wisata pantai, namun juga dapat menyewa penginapan yang romantis. Pulau ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat honeymoon. Karena menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan unik dan menarik serta laut yang tenang.

#. Pulau Diyonumo
Lokasinya i Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini Amat indah serta masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah serta penat lantaran belum terjamah oleh tidak sedikit orang. Bukit-bukit indah di pulau ini adalah satu dari sekian banyaknya daya tarik dari wisata bahari. Pulau ini masih alami, belum ada fasilitas pendukung.

#. Pulau Saronde
Sebuah pulau kecil terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau seluas mencapai 1 Kilometer ini, dikelilingi keindahan alam mengagumkan berupa pasir putih, batu karang serta hamparan air laut biru indah dan tenang. Pulau ini dikenal menjadi lokasi yang tenang serta indah, beragam fasilitas pun telah tidak sedikit tersedia. Pulau ini selain menyuguhkan pemandangan pantai juga terdapat penginapan yang menarik dan cocok sebagai tempat untuk honeymoon. Bahkan di Pulau ini, bisa untuk snorkeling serta diving. Keindahan taman bawah laut menyimpan beragam terumbu karang yang bagus.

#. Wisata Hiu Paus
Wisata menyaksikan hiu pasu terletak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Gorontalo. Wisata ini terbilang cukup ekstrem karena pengunjung diperbolehkan berinteraksi dengan mamalia air yang sangat besar ini. Pernah sempat ditutup untuk memberikan aturan dan penyuluhan kepada pengelola kawasan ini agar tetap terjaga kebersihan serta keamanan pengunjungnya. Namun kini sudah dibuka lagi agar wisatawan dapat melihat dari dekat hiu paus tutul yang terdapat di laut ini. Sebelum diberlakukan aturan pemerintah, wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk menyelam dan menyentuh langsung hiu paus serta berfoto. Karena alasan untuk keselamatan hiu paus dan pengunjungnya, pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat hewan ini dari perahu pengunjung yang disediakan pengelola saja.
(redaksibisniswisata@gmail.com)

The post Perairan Pulau Lahe, Destinasi Baru Penyelaman di Pohuwato appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply