Menu

Stres Di Bandara? Berikut Cara Mengatasinya

Terburu-buru ke bandara hingga antrean panjang di loket check-in di bandara, sampai takut melakukan penerbangan. Ada banyak alasan membuat Anda stres di bandara, bahkan sebelum Anda melakukan perjalanan wisata itu sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa menghilangkan stres saat di Bandara.

1. Datang lebih awal

Terlambat ke bandara adalah resep untuk stres. Ingat, stres adalah kumulatif. Hal ini akan menjadi awal dari serangkaian hal yang bisa membuat Anda merasa kewalahan yang berujung pada stres.

Harus terburu-buru sepanjang jalan dari pintu gerbang terminal adalah sebuah langkah yang salah dalam memulai perjalanan. Oleh karena itu, sebaiknya patuhi aturan penerbangan dengan datang setidaknya dua jam sebelum keberangkatan.

Perhitungkan waktu selama di perjalanan menuju bandara. Memang, terkadang Anda mungkin datang di bandara sebelum penerbangan Anda lepas landas, walau berangkat dari rumah dengan terburu-buru. Tetapi pada lain waktu mungkin saja Anda akan berada pada posisi ketinggalan pesawat yang membuat Anda stres.

2. Terbang di tengah hari.

Cobalah jadwalkan penerbangan Anda pada pagi sekali setelah subuh, misalnya penerbangan pertama, atau di siang hari. Idenya di sini adalah untuk dapat meninggalkan bandara setelah jam sibuk di pagi hari ataupun sebelum jam sibuk di sore hari. Pertimbangkan waktu terbaik di akhir pekan yang cenderung ramai di siang hari.

3. Sisihkan hari untuk perjalanan Anda.

Perjalanan udara memungkinkan Anda untuk datang dan pergi ke suatu destinasi dalam satu hari. Misalnya pagi berangkat ke Singapura, lalu sorenya Anda sudah tiba kembali ke Jakarta. Namun, perjalanan udara dan bandara hanya membuat Anda stres.

Oleh karena itu, sebaiknya sisakan satu hari dalam perjalanan Anda. Jangan terburu-buru dan nikmati perjalanan Anda dengan stres.

4. Bersiaplah untuk menunggu dan delay.

Kadang Anda kurang beruntung jika tidak ada penundaan. Kurangi stres dengan mempersiapkan diri jika delay terjadi. Bawa laptop, bacaan, atau sekedar musik untuk melewatkan waktu Anda.

5. Nikmati makanan relaksasi di bandara.

Selalu ada makanan unik di bandara. Tak ada salahnya Anda menikmati kuliner di bandara. Jangan biarkan diri Anda kelaparan sambil menunggu pesawat. Perut lapar hanya berujung pada stres.

6. Membawa satu set headphone.

Dalam sebuah survei baru-baru ini mendengarkan musik adalah cara terbaik orang untuk bersantai. Jadi membawa musik yang Anda suka di pesawat dan Anda akan menikmati perjalanan Anda jauh lebih baik. Lebih baik lagi jika Anda melengkapi diri dengan headphone berperedam suara.

7. Meditasi di pesawat.

Tutup mata Anda dan perhatikan nafas Anda. Hitung setiap nafas Anda atau coba ulangi kata atau frase santai berulang-ulang untuk diri sendiri. Jika Anda seseorang yang suka berdoa, lakukanlah doa kecil saat lepas landas dan mendarat, karena ini akan sangat membantu.

8. Pilihlah bandara Anda.

Jika ada pilihan beberapa bandara di daerah tempat Anda tinggal, pilihlah bandara terkecil yang sepi. Hitung-hitung sambil melakukan perjalanan tambahan.

9. Lakukan yoga di pesawat.

Lakukan beberapa yoga dengan pose berdiri saat menunggu antrian. Misalnya membungkuk ke depan, lalu menggenggam tangan di punggung, melengkungkan punggung, dan bersandar ke depan. Anda tidak harus melakukannya berlama-lama. Hanya cukup untuk regangkan otot di bagian belakang. Di kursi, Anda dapat melakukan gerakan sederhana.

10. Latihan di pagi hari.

Berolahraga di pagi hari adalah cara yang baik menghilangkan kecemasan. Lakukan olahraga di tempat olahraga terdekat setiap pagi sebelum berangkat. Dengan begitu Anda akan terlatih untuk tetap santai pada setiap penerbangan.

Leave a Reply