Menu

Suka Wisata Alam? 5 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Datangi

Suka Wisata Alam? 5 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Datangi

Rate this post

JalanJalanSeru.com – Tempat Wisata di Sumatera Utara – Pulau Sumatera dengan berbagai aktivitas geologi di dalamnya seperti proses vulkanisme pada zaman dahulu, nyatanya telah menghasilkan keindahan alam yang memanjakan mata. Meskipun telah ada wisata permainan yang seru di Sumatera Utara seperti Funland Mickey Holiday dan Hillpark Sibolangit, menikmati keindahan alam Sumatera Utara nampaknya akan selalu menjadi daya tarik tersendiri.
Berikut 5 tempat wisata alam di Sumatera Utara yang tak henti-hentinya membuat kamu berdecak kagum.

1. Danau Linting



Tak kalah dengan Danau Toba yang mendunia, Danau Linting menyuguhkan air berwarna biru tosca yang menenangkan. Danau ini terletak di Kecamatan Sinembah, Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang. Akibat terbentuk dari aktivitas vulkanik, danau ini memiliki air yang panas dengan kedalaman lebih dari 100 meter.

Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah saja untuk memasuki kawasan Danau Linting. Terjangkau sekali, ya? Di sana, kamu dapat berendam di tepi danau atau sekedar berfoto sambil bermainan ayunan.

2. Air Terjun Sibolangit



Pernah dengar terkenalnya Danau Kelimutu di Flores? Ya, danau tersebut terkenal dengan gradasi warnanya yang indah. Di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara fenomena ini juga terjadi di Air Terjun Sibolangit. Telaga di bawah air terjun ini memiliki dua warna, biru dan putih keabuan.

Perbedaan warna yang terjadi di Air Terjun Sibolangit disebabkan oleh adanya kandungan fosfor dan belerang. Oleh karena itu hati-hati ya saat berenang di lokasi wisata ini, jangan sampai terminum airnya. Biaya yang perlu kita siapkan untuk memasuki air terjun ini sekitar 25.000 rupiah. Masih cukup murah dan worth it kan?

3. Pantai Lagundri dan Solake



Pantai Lagundri dan Solake terletak di Pulau Nias, Kabupaten Nias Selatan. Kedua pantai yang saling menyambung ini pamornya sudah sampai ke segala penjuru dunia. Dikenal dengan ombak yang tinggi, Pantai Lagundri dan Solake sering dijadikan lokasi favorit bagi pecinta olahraga surfing. Bahkan, Pantai Lagundri telah masuk dalam 10 lokasi surfing terbaik di dunia.

Lalu apakah yang bisa dilakukan di pantai ini kalau hobi anda bukan surfing? Jangan khawatir, pemandangan pantai ini sangat indah apalagi saat matahari tenggelam. Hamparan pasir putihnya membentang luas menyejukkan mata. Selain itu kedua pantai ini belum terlalu populer sehingga masih sangat ideal untuk kamu yang tak terlalu suka keramaian.

4. Salju Panas Dilok Tinggi Raja



Ada salju di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Selatan? Sebenarnya salju hanyalah penamaan saja karena lokasi ini ditutupi oleh kapur yang berwarna seputih salju. Daerah sekitar tempat wisata ini sebenarnya berupa kawah dengan sumber air panas yang mencapai 90 Celcius.

Air panas yang mengalir di antara undakan batu-batu kapur ini menyebabkan munculnya kenampakan layaknya tanah yang diselimuti salju. Meskipun berjarak cukup jauh, sekirar 3-4 jam dari Kota Medan, pesona keindahan destinasi wisata ini selalu menjadi magnet bagi para wisatawan.

5. Air Terjun Sipiso-piso



Air terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl, sehingga udara sejuk khas pegunungan akan menyapa kita saat memasuki kawasan air terjun ini. Dengan ketinggian sekitar 120 m, Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Menikmati suasana sejuk, rindangnya pepohonan, dan indahnya Tanah Karo dari gardu pandang di puncak bukit dekat air terjun ini menjadi pengalaman luar biasa yang tak dapat dilupakan. Namun, kamu harus mempersiapkan stamina ya, kamu harus kuat untuk berjalan sekitar satu jam untuk mencapai kawasan ini. Jangan lupa untuk membawa bekal dan air minum, ya.

Leave a Reply