Menu

Taman Nasional Baluran di Jawa Timur

TAMAN NASIONAL BALURAN JAWA TIMUR

MINI AFRICA DI PULAU JAWA

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Tepatnya, taman nasional ini terletak di sebelah utara Banyuwangi. Gunung Baluran adalah nama gunung yang terdapat di daerah ini dan dari situ pula nama taman nasional ini didapatkan. Di Taman Nasional Baluran Jawa Timur, kita akan menemukan sebanyak 444 jenis tumbuhan yang membentang di area seluas 25.000 ha. Dan kita akan menemukan 26 jenis mamalia yang hidup bebas di habitatnya seperti Banteng, Ajag, Kerbau liar, Rusa, Kijang, Kancil, Macan Tutul, hingga Kucing Bakau. Dan tahukah pembaca, kalau maskot dari Taman Nasional Baluran Jawa Timur adalah banteng, great, isn’t?!. Selain memiliki koleksi 26 jenis mamalia, Taman Nasional Baluran juga memiliki koleksi burung dalam jumlah yang fantastis – 155 jenis burung. Bahkan diantaranya ada jenis burung langka seperti Burung Layang-Layang Api, Tuwuk Asia, hingga Bangau Tong-Tong. 


Taman Nasional Baluran Jatim


peta lokasi taman nasional baluran


Ada beberapa lokasi menarik yang bisa kita kunjungi saat berada di Taman Nasional Baluran, berikut adalah daftarnya :

1. Bekol dan Semiang – merupakan tempat pengamatan satwa yang dilengkapi dengan wisma untuk tamu dan menara pandang. Beberapa jenis satwa yang bisa diamati dari tempat ini adalah ayam hutan, kijang, merak, rusa, kerbau liar, dan berbagai jenis burung. Oya, beberapa orang menyebut Bekol dengan sebutan Padang Savana.

2. Batangan – merupakan tempat yang memiliki situs peninggalan sejarah berupa goa Jepang, makam dari putra Maulana Malik Ibrahim (salah satu Walisongo), bumi perkemahan, dan atraksi tarian burung Merak (musim kawin – Oktober atau Nopember).

3. Pantai Bama – merupakan tempat yang biasa digunakan sebagai wisata bahari, menyelam atau snorkeling.

4. Curah Tangis – merupakan tempat dimana kita bisa melakukan panjat tebing dengan ketinggian 10-30 meter dan tingkat kemiringan hingga 85%.

Untuk bisa menikmati Taman Nasional Baluran Jawa Timur yang terkenal pula dengan sebutan Mini Africa ini, kita akan membutuhkan penginapan. Harga penginapan akan sangat tergantung dari lokasi kita menginap. Bila kita menginap di daerah Bekol, maka harga yang ditawarkan akan lebih terjangkau ketimbang memilih bermalam di Pantai Bama. Untuk akses menuju Taman Nasional Baluran, ada beberapa jalur yang bisa kita lalui. Bila kita dari arah Banyuwangi, maka arahkan kendaraan menuju Surabaya dan sebelum memasuki Jalan Raya Baluran, kita akan menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran. Bila kita dari arah Surabaya, maka arahkan kendaraan menuju Banyuwangi dan lalui jalan raya Hutan Baluran atau keluar dari Hutan Baluran dan di kiri jalan kita akan menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran.





paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply