Menu

Tempat Favorit Wisata Kuliner di Solo

Wisata Kuliner di Solo sangat beragam dan khas mulai dari Gudeg Ceker hingga Tengkleng.Sehingga informasi kuliner berikut sayang kalau dilewatkan.Solo merupakan kota yang berada di Jawa Tengah, memiliki banyak makanan kuliner yang enak.


Salah satu pusat kuliner di Solo adalah kawasan Stadion Manahan.Kawasan ini merupakan tempat makan murah meriah, hampir semua masakan khas Solo ada di sana, warung-warung tersebut buka dari pagi hingga siang hari.Jika hari libur seperti sabtu dan minggu, tempat tersebut lebih ramai lagi karena banyak masyarakat yang berolahraga di sana ataupun hanya sekedar nongkrong.


Untuk menambah refrensi kuliner Anda di kota ini, berikut beberapa tempat wisata kuliner masakan serta makanan khas Solo yang dapat kita nikmati :

1. Gudeg Ceker

Gudeg ceker merupakan masakan kuliner khas kota ini, bahan-bahannya mulai dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam serta cakar ayam (ceker). Gudeg ceker yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang tempatnya di pinggir jalan (trotoar) di daerah Margoyudan (dekat dengan SMA 1 Solo, kalau dari Stasiun Solo Balapan ke arah timur).Gudeg Ceker Bu Kasno buka pada malam hari sekitar jam 1 malam sampai pagi jam 5an.



kuliner solo timlo


2. Timlo

Timlo adalah kuliner khas Solo, isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.Timlo yang terkenal dikota ini adalah Timlo Sastro tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo

kuliner solo sate buntel


Sate khas kota ini adalah sate buntel, sate buntel yaitu sate yang dibuat dari cincang daging kambing terbungkus lemak kambing setelah itu dibakar.Kata buntel dalam bahasa jawa adalah bungkus. Sate buntel yang terkenal di kota ini adalah Sate Haji Bejo di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan, tepatnya di belakang swalayan Luwes Sangkrah, di seberang GKI Sangkrah. Warung sate lainnya antara lain Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Sutan Syahrir No 39 Widuran serta Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar.

4.Tengkleng

Tengkleng merupakan masakan dengan bahan daging kambing namun cenderung lebih banyak berisi tulang-tulang kambing, dengan sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut seperti mata, kuping, jerohan kambing, pipi yang diolah seperti gulai berkuah kental dan bumbunya sangat terasa. Tengkleng kuliner di Solo yang terkenal adalah tengkleng Bu Ediyem di Pasar Klewer lokasinya di samping Gapura Pasar Klewer.

5. Nasi Liwet solo

Naso liwet adalah masakan khas dengan sajian terdiri dari nasi gurih dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor serta berbagai bahan lainnya kemudian disajikan dengan alas daun pisang.Nasi liwet yang terkenal nasi liwet Wongso Lemu lokasinya di jalan Teuku Umar dekat Kraton Mangkunegaran. Warung ini buka pada sore jam 16.00 – 02.00.

kuliner solo bakso


6. Bakso Solo 
Nah kalo berkunjung di kota Solo, maka sempatkan juga makan bakso khas di kota ini.Bakso terkenal di Solo antara lain Bakso Urat Alex di Jalan Honggowongso, depan Novotel Solo.

7. Tahu Kupat

Tahu Kupat merupakan masakan dengan bahan-bahan terdiri dari ketupat, mie basah, taoge atau kecambah, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang dipotong-potong serta taburan kacang goreng. Semua bahan tersebut disajikan dengan bumbu kecap manis encer serta bawang goreng. Biasanya kalau makan tahu kupat bisa ditambah dengan telur dadar plus ditemani kerupuk sehingga lebih mantap.Tahu kupat yang terkenal di kota ini adalah Tahu kupat Sholihin di Jalan Jl. Gajah Mada tepatnya disamping Masjid Sholihin atau dekat dengan stasiun balapan.

kuliner solo srabi


8. Serabi atau srabi Notosuman

Kue Srabi yaitu semacam pancake dengan adonannya terdiri dari gula, tepung beras, santan, garam serta daun pandan kemudian dipanaskan di cetakan wajan kecil kemudian ditutup memakai penutup yang terbuat dari tanah liat supaya kue serabi bisa mekar.Kue serabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan legit.Lokasi sentra srabi ini berada di kawasan Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko Srabi Notosuman yang terkenal adalah Srabi Notosuman Ny Lidia cirinya kotak bungkusnya berwarna hijau dan Srabi Notosuman Ny Handayani cirinya kotak bungkusnya berwarna merah atau coklat.

9. Selat Solo

Selat Solo yaitu jenis makanan bistik dengan dimodifikasi sehingga cocok untuk citarasa lidah orang Jawa. Masakan ini perpaduan antara budaya barat dengan budaya Jawa, masakan ini antara lain berisi daging iris serta beberapa sayuran segar seperti daun selada,rebusan buncis, kentang goreng, wortel iris rebus, telur rebus, tomat dan mustard kemudian disiram dengan kuah semur daging.

kuliner solo bebek goreng


10. Bebek Goreng

Bebek goreng terkenal di kota ini adalah bebek Goreng Haji Slamet Kartosuro tepatnya berada di Sedahromo Lor RT 1 RW 7 Kartosuro. Seperti bebek goreng lainnya bebek goreng disini disajikan bersama lalapan plus sambel.Namun uniknya adalah sambel diletakan dipiring kecil terbuat dari tanah liat.




pusat kuliner solo


11. Pusat Kuliner Galabo (Gladag Langen Bogan)

Gladag Langen Bogan merupakan wisata kuliner malam hari di Solo, tempatnya di dekat Tugu Gladag ujung timur dari Jl. Slamet Riyadi, depan Pusat Grosir Solo (PGS). Setiap jam 5an sore, jalan di depan PGS tersebut ditutup karena ramai oleh warung-warung tenda yang menyajikan makanan-makanan khas solo.Hampir semua makanan serta minuman khas daerah ini dapat kita jumpai seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde, minuman dongo serta nasi liwet

Warung makan sepanjang jalan Kota Barat kalau sore hingga malam hari menjadi ramai oleh warung-warung kuliner seperti halnya Galabo. Berbagai makanan juga ada di sana seperti nasi liwet, seafood dan susu segar she jack. Perbedaannya, kalau di Galabo jalannya ditutup untuk tempat makan, kalo di sini jalannya tidak ditutup, hanya pinggir jalannya saja yang dipakai untuk tempat kuliner lesehan.


paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply