Menu

Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Hits 2018

Tempat Wisata di Kulon Progo Paling Hits 2018

Rate this post

JalanJalanSeru.com – Tempat Wisata di Kulon Progo – Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta. Nama Kulon Progo sendiri sebenarnya berasal dari Kulon Ponorogo, sebuah kawasan yang dahulu dihadiahkan keraton kepada ksatria Ponorogo yang membantu menjaga pertahanan dari pemberontakan Trunojoyo sekaligus menumpasnya. Saat ini, Kulon Progo menjadi salah satu destinasi favorit dari daerah Yogyakarta.

Pesona Wisata Kulon Progo Yang Beraneka Ragam

Kulon Progo tidak hanya menyediakan satu ragam destinasi wisata saja, namun sangat lengkap. Mulai dari wisata air, dataran tinggi, hingga lembah. Fasilitas penunjang yang dibutuhkan wisatawan pun lengkap, utamanya camping ground atau penginapan. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang tengah hits saat ini :

1. Puncak Suroloyo



Berlokasi di kawasan Perbukitan Menoreh, mencapai Puncak Suroloyo membutuhkan perjuangan yang cukup serius dari wisatawan, yakni harus menaiki sebanyak 250 anak tangga. Namun semua kelelahan itu terbayar sudah saat mencapai puncak yang dikelilingi oleh empat gunung sekaligus tersebut, yakni Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Suroloyo adalah ketika menjelang matahari terbit, supaya dapat menyaksikan panorama sunrise yang sangat indah menerpa hamparan hijau perbukitan sekitar. Supaya tidak sampai ketinggalan momentum matahari terbit, wisatawan dapat berangkat pada sore atau malam hari kemudian kemping di sana, sekaligus juga menghemat energi.

2. Wisata Kalibiru



Destinasi wisata yang satu ini populer berkat unggahan di sosial media para traveler. Berlokasi di Kecamatan Kokap, Kalibiru merupakan sebuah dataran tinggi yang ditumbuhi Hutan Pinus lebat nan asri. Udara sekitar sangat sejuk. Tersedia beberapa gardu pandang yang dapat dijadikan spot foto maupun menikmati panorama sunset yang indah.

3. Kedung Pedut



Tempat wisata alam ini berlokasi di Desa Jatimulyo dan merupakan sebuah air terjun dengan tiga mata air bertingkat. Wisatawan dapat bermain dengan tenang di kolam yang terbentuk di bagian bawah air terjun karena debit airnya tidak terlalu deras. Mereka bahkan dapat pula berfoto di dalam air yang jernih tersebut.

4. Waduk Sermo



Destinasi wisata yang satu ini sekilas mungkin tidak tampak menarik karena hanya berupa waduk sebagai salah satu sumber air untuk warga sekitar. Namun, Waduk Sermo yang berlokasi di Kecamatan Kokap berbeda. Pertama karena areal sekitarnya dibangun seartistik mungkin sehingga layak disebut sebagai waduk paling instagramable di Indonesia.

Selanjutnya, panorama Perbukitan Menoreh yang hijau dapat disaksikan dengan mata telanjang dari areal waduk, menambah daya tariknya. Selain itu, tidak hanya menawarkan panorama alam, di Waduk Sermo, wisatawan juga dapat mencicipi ikan hasil tangkapan keramba di waduk yang segar dan tentu diolah dengan bumbu khas yang lezat.

5. Pantai Glagah



Pantai Glagah berada sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Di kawasan pantai ini pula terdapat pelabuhan terbesar di kawasan Asia Tenggara, yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto dan masih beroperasi. Wisatawan dapat menikmati panorama pantai dengan embusan angin yang sejuk sambil berjalan-jalan atau menumpangi perahu motor dan sampan tua yang disewakan.

Pemandangan terbaik dari Pantai Glagah tentu saat menjelang matahari tenggelam. Tetapi, selain pemandangan dan hiburan pantai, masih berada di kawasan Pantai Glagah, terdapat kawasan perkebunan buah-buahan, antara lain buah naga, semangka dan melon segar tanpa pestisida yang juga dapat dikunjungi sekaligus dapat dipanen oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Leave a Reply