Menu

Tempat Wisata di Sumatera Barat Untuk Para Pecinta Alam

Tempat Wisata di Sumatera Barat Untuk Para Pecinta Alam

Rate this post

JalanJalanSeru.com – Tempat Wisata di Sumatera Barat – Provinsi Sumatera Barat yang memiliki ibu kota pemerintahan di Padang, bumi asli kuliner rendang. Berkat rendang yang dinobatkan sebagai masakan paling enak di dunia, wisatawan domestik maupun mancanegara pun tertarik untuk berkunjung ke bagian barat Pulau Sumatera tersebut. Wisatawan umumnya datang untuk mencicipi kuliner khas lain dari daerah tersebut.

Pada akhirnya, wisatawan yang menapakkan kaki di Sumatera Barat tidak hanya akan terpikat oleh kelezatan kuliner daerahnya yang terkenal dengan menu berbumbu rempat kuat tersebut, namun juga jatuh cinta akan panorama alamnya yang sangat indah. Terutama bagi para pecinta alam, wajib untuk mengeksplorasi lima lokasi wisata Sumatera Selatan berikut :

1. Kepulauan Mentawai



Kepulauan yang mencakup empat pulau besar, yakni Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Siberut dan Pulau Sipora ini merupakan destinasi wisata Sumatera Barat berskala internasional. Dirancang dengan saksama dan memang ditujukan sebagai destinasi wisata unggulan yang menawarkan panorama dan hiburan yang alami. Sangat cocok bagi para pecinta alam.

Pulau Nyang Nyang memang bukan merupakan pulau besar di Kepulauan Mentawai, namun pulau tersebut memiliki pantai dengan debit ombak tertinggi di dunia. Bagi penggemar olahraga selancar air, tentu pantai tersebut tidak boleh sampai terlewatkan. Selain itu, terdapat jalur trekking menantang di Kepulauan tersebut dengan hamparan padang ilalang yang indah.

2. Great Wall Of Koto Gadang, Janjang Seribu



Terletak di Kota Bukit Tinggi, destinasi wisata yang satu ini cocok sekali digunakan sebagai penguji stamina. Sebagaimana Great Wall di Cina, Janjang Seribu pun memiliki struktur jalanan berdinding di kedua sisinya yang melintang di dataran tinggi. Wisatawan dapat menyaksikan patahan lempengan bumi yang cantik dan merupakan fenomena geologi kawasan tersebut.

3. Puncak Langkisau



Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan Sumatera Barat dari ketinggian, maka Puncak Langkisau merupakan pilihan yang paling tepat. Berlokasi di daerah Pesisir Selatan, tepatnya Painan, Puncak Langkisau berupa hamparan rerumputan yang cukup terawat. Wisatawan juga dapat menjajal hiburan flying fox dan paralayang yang cukup memacu adrenalin.

4. Lembah Harau



Amerika Serikat memiliki Green Canyon, maka Sumatera Barat memiliki Lembah Harau yang tidak kalah cantik dan fantastis. Berlokasi di Kota Payakumbuh, lembah ini terbentuk dari apitan dua bukit cadas yang melintang dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Harau memiliki air terjun, gua, dan areal perbukitan hijau dengan udara segar.

Selain itu, di Lembah Harau juga terdapat penangkaran satwa langka seperti Harimau Sumatera, Si Amang, dan Beruang. Jika berteriak di Lembah Harau, wisatawan akan mendapati gema yang menggaung sempurna dan menjadi satu-satunya lokasi gema terbaik di dunia. Saat ini, Lembah Harau juga dijadikan salah satu rute tur sepeda.

5. Pantai Air Manis



Legenda Malin Kundang merupakan salah satu cerita rakyat di Indonesia yang paling populer. Legenda tersebut dikatakan terjadi di kawasan Sumatera Barat, tepatnya Pantai Air Manis di mana ditemukan bebatuan tepi pantai yang mirip dengan artefak Malin Kundang. Padahal, pantai tersebut memiliki panorama yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Surfing, diving, dan snorkeling merupakan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis. Selain itu, momen matahari tenggelam juga tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai di bagian selatan Sumatera Barat tersebut.

Leave a Reply