Menu

Tempat Wisata Favorit di Samarinda

Menjelajah tanah Kalimantan mengunjungi obyek wisata di Samarinda.Selain kekayaan cita rasa kuliner yang unik, kota ini juga memiliki berbagai pilihan tempat rekreasi menarik yang dapat Anda sambangi selama di Kalimantan. Berikut ini ringkasan destinasi wisata di Samarinda untuk Anda.

1.Wisata Desa Budaya Pampang

wisata samarinda

Jika Anda tertarik ingin mempelajari lebih dalam tentang Samarinda dari sisi budayanya, Anda bisa datang ke Desa Budaya Pampang ini. Di desa ini, Anda akan menjumpai penduduk suku asli Dayah Kenyah. Anda dapat menyaksikan aktivitas sehari-hari suku Dayak Kenyah di sana. Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni di gedung pertemuan desa atau yang disebut lamin yang rutin diselenggarakan tiap hari Minggu pada pukul 3 hingga 5 sore. Selain pertunjukannya, gedung pertemuannya sendiri sangat unik karena berbentuk rumah adat Dayak lengkap dengan ukiran khas suku Dayak. Selesai menonton pertunjukkan, Anda bisa menyewa pakaian adat suku Dayak untuk berfoto-foto lengkap dengan latar rumah adat Dayak. Ada juga toko cinderamata khusus menjual kerajinan khas dari warga setempat.

2.Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda

wisata kebun raya di samarinda

Terdapat sebuah tempat rekreasi di kota ini yang berbentuk kebun raya.Obyek wisata alam ini letaknya di 10 km dari kota Samarinda. Kebun Raya Unmul ini sebenarnya hutan pendidikan Universitas Mulawarman, namun kini sudah dibuka untuk umum sehingga beroperasi sebagai obyek wisata. Di dalam kawasan kebun raya, Anda akan menjumpai sebuah danau besar yang dapat Anda kelilingi dengan bersepeda air yang harus disewa terlebih dulu. Selain itu, Anda juga bisa menyewa andong untuk berkeliling kawasan kebun raya dengan pohon rindang dan hijau. Uniknya, kebun raya ini memiliki kebun binatang mini serta museum kayu yang memberikan informasi tentang jenis-jenis kayu yang ada di Kalimantan.Liburan yang sangat mengedukasi, bukan? Tempat ini buka tiap hari kecuali pada hari Jumat, dan dibuka dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

3.Wisata Pulau Kumala

wisata pulau kumala

Satu lagi pulau yang berada di tengah-tengah sungai besar. Kali ini pulau tersebut terletak di tengah-tengah Sungai Mahakam dan diberi nama Pulau Kumala. Pulau Kumala ternyata berasal dari pengendapan lumpur sungai, dan jadilah sebuah daratan kemudian dibentuk menjadi sebuah pulau. Uniknya, jika dilihat-lihat bentuk pulau ini menyerupai bentuk perahu terbalik. Pulau Kumala kemudian diubah menjadi sebuah obyek wisata yang cukup terkenal dan menarik. Pulau Kumala disebut-sebut mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, karena di Pulau Kumala ini, Anda dapat melihat budaya Kalimantan dalam bentuk edukasi mulai dari candi, bangunan adat, hingga patung lembu. Selain zona edukasi tersebut, ada juga wahana permainan modern seperti Sky Tower dengan ketinggian hingga 75 meter, kereta gantung, kereta mini, serta komidi putar. Pulau Kumala yang terletak pada 27 km dari pusat kota ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan.

4.Wisata Taman Rekreasi Lembah Hijau

Obyek rekreasi yang satu ini tidak terlalu jauh letaknya dari Kebun Raya Unmul. Berada di jalur Samarinda-Bontang KM 15, lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata di kota ini.Taman Rekreasi Lembah Hijau merupakan sebuah kawasan taman besar dengan memiliki berbagai wahana seperti flying fox, kolam renang, tempat bermain anak, kolam pancing, dan lainnya. Ada juga replika hutan, camping ground atau bumi perkemahan, gazebo, serta kafetaria yang semakin melengkapi tempat ini.Karena tempatnya dilengkapi dengan berbagai wahana tersebut, tak heran jika tempat rekreasi yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Itu tadi adalah ringkasan obyek wisata di Samarinda yang dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat untuk Anda, ya!


paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply