Menu

Tiga Investor Nasional Minati Kelola Gili Tangkong

MATARAM, JalanJalanSeru.com: Objek wisata Gili Tangkong di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), bukan hanya diminati wisatawan untuk melancong. Namun juga investor nasional yang memintai mengelola wisata bahari ini. Mereka di antaranya PT Heritage Resort and Spas (Bintan), PT Istana Cempaka Raya (Mataram), dan PT Ananda Tangkong Paradise (Denpasar).

“Sebenarnya ada 8 investor yang tertarik. Dari 8 hanya 3 yang menyerahkan dokumen penawaran kepada Pemdah. Sejumlah calon investor yang berminat ini sudah mengikuti tahap seleksi sejak awal,” lontar Ketua panitia pemilihan mitra kerja sama pemanfaatan aset daerah Provinsi NTB, Prayitno Basuki, dihadapan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah pada rapat ekspose Rencana Induk Pengembangan (RIP) calon mitra Gili Tangkong, di Mataram, Rabu (28/8/2019).

Dilanjutkan, gili Tangkong merupakan kawasan wisata yang sangat prospektif ke depannya. Destinasi wisata ini memiliki pasir berwarna sedikit kekuningan. Aktivitas paling tepat untuk mengisi di Gili Tangkong adalah snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Aktifitas lainnya di Gili Tangkong, bisa sepuasnya bermain air, berenang dan snorkling tanpa khawatir terganggu dengan wisatawan yang lain. Bahkan kita seperti layaknya sedang berkunjung ke pulau pribadi. Bagi penghobi fotografi underwater, keindahan bawah laut gili ini bisa Anda abadikan.

Saat snorkling bisa melihat banyak sekali ikan-ikan aneka warna plus terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Pemandangan Tangkong secara keseluruhan memang sangat menawan. Jika sedang cerah, langit yang kebiruan akan memperindah foto kenangan tersendiri,

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menyambut baik niat para calon investor untuk ikut membantu mengembangkan daerah wisata di NTB. Karena itu gubernur yang akrab disapa Doktor Zul berharap agar dalam proses pemilihan mitra kerja sama tersebut, tidak ada yang dipersulit. Semuanya harus terbuka, tidak boleh ada yang ditutup-tutupi atau dipersulit, sehingga para investor merasa senang dan nyaman untuk berinvestasi.

“Orang-orang (investor) akan segan berinvestasi di daerah kita bila dibuat ribet. Kepada seluruh mitra untuk taat pada aturan. Namun jangan sampai aturan-aturan tersebut membelenggu kehangatan,” ujar Zulkieflimansyah, seperti dikutip Antara, Rabu (28/08/2019)

Gubernur doktor Zul juga menekankan kepada seluruh mitra untuk taat pada aturan. Namun jangan sampai aturan-aturan tersebut membelenggu kehangatan.
Tidak lupa juga ia mengingatkan jangan sampai ada oknum ataupun ASN mempersulit niat baik para investor untuk menanam saham di wilayah NTB. Karena bagaimanapun tugas pemerintah daerah adalah membantu dan memfasilitasi para investor.

“Jangan sampai ada kepala dinas ataupun staf yang bikin susah, karena jika prosesnya saja susah, orang-orang berpikir dua kali untuk berinvestasi,” kat Zulkieflimansyah,” sambungnya.

Pulau Lombok terkenal dengan destina wisata bahari dan alam yang indah dan mempesona, sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Meski yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, ternyata masih terdapat Gili mempesona lainnya.

Gili dalam bahasa Sasak artinya pulau kecil. Pulau kecil ini diwarnai dengan panorama laut biru dan pasir putih yang halus sehingga menjadi destinasi primadona dan favorit di Lombok. Nah, apa saja Gili mempesona di Lombok?

#. Gili Meno
Gili Meno hanya dihuni sekitar 300 penduduk. Disebut Gili Meno karena fasilitas minim. Tidak ada toko, sehingga wisatawan harus memiliki persediaan sendiri. Gili Meno menyimpan keindahan yang tak dimiliki oleh gili lainnya yakni danau garam dan spot menyelam yang terkenal seperti Meno Wall, Sea Point Penyu, dan Point Coral Blue. Pantai di bagian timur pulau ini sangat bagus dan cocok untuk snorkling. Di Gili Meno juga ada penyu bebas berenang dan spesies karang berwarna-warni. Dan banyak aktivitas liburan yang menyenangkan di Gili Meno. Spot-spot untuk diving, terumbu karang di sekitar utara timur pantai ini layak dikunjungi, warna-warna koralnya mempesona mata penyelam.

#. Gili Air
Gili Air menawarkan beberapa spot diving dan snorkling yang menawan. Anda tidak akan kesulitan untuk memuaskan hasrat menyelam Anda karena di sini banyak operator yang menyediakan peralatan dan pemandu selam. Sudut pantai yang biasa dikunjungi oleh para penyelam adalah di bagian timur Gili Air. Di sana Anda akan dihujani pemandangan yang luar biasa. Selain itu, ikan-ikan di sekitar karang akan menemani Anda selama snorkling. Kawasan yang biasa dipakai snorkling ini mempunyai kedalaman dari 1,5 meter hingga 3 meter. Jangan terlalu jauh menyelam, karena di kawasan ini dipasang sebuah tali sebagai tanda jika Anda sudah melewati batas aman untuk snorkling. Upayakan snorkling pada saat ombak sedang landai. Cobalah menyelam agak ke tengah untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang mempesona.

#. Gili Kondo
Gili kondo akan memanjakan mata dan hati Anda. Hamparan pasir putih, birunya laut dengan gradasi warna yang menunjukkan kedalaman yang berbeda dan cerahnya awan adalah ornamen yang menyumbang kecantikan Gili Kondo. Jernihnya pantai Gili Kondo membuat Anda bisa melihat terumbu karang yang cantik tanpa harus menyelam di kedalaman tertentu. Bersantailah di bibir pantai Gili Kondo, dari kejauhan Anda akan melihat panorama yang indah. Jika menghadap ke barat, Anda akan melihat pulau Lombok yang gagah dengan perbukitan dan awan yang menggantung. Menghadap ke timur, Anda akan menyaksikan gugusan pulau Sumbawa besar dan kecil yang memesona. Melihat ke utara, pandangan Anda akan bertemu dengan Gili lain yang cantik dengan pasirnya yang putih bersih.

#. Gili Nanggu
Pemandangan bawah laut Gili Nanggu sangat elok. Karena tak banyak dijejaki turis membuat terumbu karang masih sangat terawat. Barisan ikan-ikan indah juga akan menjadi pemandangan lazim laut di gili ini. Anda pasti akan berdecak kagum dengan aneka warna dan keindahan yang Anda temui saat menyelam. Gili Nanggu tidak akan membuat Anda rugi jika memang ingin snorkling dengan bebasnya. Anda juga tak perlu susah-susah membawa peralatan snorkling. Di sana sudah ada penyewaan snorkling yang harganya agak lebih mahal daripada di Gili Trawangan. Bagi yang tak ingin snorkling namun ingin melihat ikan-ikan cantik, Anda hanya perlu membawa roti untuk ditaburkan ke pantai guna memanggil mereka, dan nikmatilah keelokan ikannya. (NDY)

Leave a Reply