Menu

Tips Berlibur Saat Lebaran di Kampung Halaman

Air terjun Songgo Langit Jepara dibanjiri wisatawan (Foto: http://metrojateng.com)

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Mudik ke kampung halaman tak sekadar jadi ajang temu kangen dengan keluarga besar serta sahabat. Momen ini dapat dimanfaatkan buat kembali mengakrabkan diri sambil jalan-jalan bareng, mengunjungi aneka objek wisata di kampung halaman yang mungkin tak pernah dikunjungi bersama karena sibuk bekerja di luar kota.

Memang, mudik ke kampung halaman tak lengkap rasanya, jika tidak berlibur mengunjungi destinasi wisata lokal setempat. Padahal, dengan singgah mengunjungi wisata lokal, akan mendapatkan banyak pengalaman seru tak terlupakan.

Apalagi, wisata lokal tidak akan ditemukan saat kembali ke kota atau tempat perantauan. Sayang memang jika momen pulang kampung tidak dimanfaatkan untuk berlibur. Jika Anda ingin memanfaatkan Lebaran sekaligus berlibur, berikut panduan yang bisa diterapkan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

#. Cari Info destinasi menarik

Carilah informasi bareng keluarga atau sahabat yang akan bertualang bersama, tentang mana saja objek wisata yang menarik dikunjungi dan mudah dijangkau dari rumah, serta jam operasional selama libur Lebaran. Baik itu air terjun, pantai, danau, taman rekreasi, museum, pusat kuliner dan lain sebagainya. Sesuaikan juga destinasi dengan siapa saja yang akan ikut. Jika memang bersama keluarga, di mana sang buah hati akan ikut, sebaiknya pilihlah destinasi yang lebih santai dan ramah untuk semua umur. Buat daftar mana saja yang akan dikunjungi. Jangan lupa pilih alternatif objek wisata jika tujuan utama terlalu ramai turis saat libur Lebaran ini.

#. Baca buku panduan perjalanan

Biasanya setiap daerah menyediakan buku panduan perjalanan wisata. Melalui buku ini, Anda bisa mengetahui lebih banyak wisata begitu juga lokasinya.

#. Mampir ke destinasi anti mainstream

Selain destinasi yang menjadi favorit di suatu kota, cobalah mampir juga ke tempat yang anti mainstream. Bisa jadi malah menemukan objek wisata keren yang selama ini tersembunyi, dan liburan pun lebih leluasa karena tempat tujuan masih belum ramai turis.

#. Cari jalur alternatif

Jalanan menuju objek wisata seperti pantai atau pun tempat lain yang jadi favorit bukan tidak mungkin bakalan macet di musim liburan. Sebelum berangkat cari tahu jalur alternatif bebas macet yang dapat dilewati untuk menuju objek wisata tujuan.

#. Kunjungi tempat tak ditemukan di kota

Museum, keraton hingga candi atau pasar dapat menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Pasalnya, destinasi tersebut tidak akan Anda temui di kota sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

#. Napak tilas

Napak tilas dapat menjadi kegiatan mengasyikan berlibur di kampung halaman. Anda bisa menyusuri atau kembali menyinggahi tempat-tempat bersejarah disekitar tempat tinggal Anda sehingga mengetahui sejarah tempat tinggal.

#. Kunjungi destinasi wisata alam

Destinasi wisata alam seperti air terjun, pantai atau kolam pemandian air panas wajib Anda kunjungi. Biasanya setiap daerah memiliki air terjun cantik yang menyejukkan mata. Mengunjungi destinasi ini bisa membuat Anda terbebas dari kepenatan.

#. Mengunjungi bersama kerabat

Agar liburan Anda lebih mengasyikan jangan lupa berlibur bersama kerabat. Dengan berlibur bersama, juga dapat semakin mempererat tali silahturahmi antar sanak saudara.

#. Siapkan uang tunai

Tidak semua tempat wisata menerima pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Maka lebih baik sediakan uang tunai yang cukup, untuk mempermudah transaksi di loket tempat wisata. Bayar tiket masuk dengan uang tunai apalagi yang jumlahnya pas, tentunya bisa mempersingkat waktu pembayaran.

#. Bekal makanan

Jika berangkat wisata beramai-ramai, rasanya asyik juga membawa bekal yang nantinya dimakan bersama-sama di objek wisata tujuan. Jajan camilan di warung sekitar tempat wisata juga bisa, namun kalau membawa bekal yang disiapkan dari rumah pengeluaran bakalan lebih hemat. Dengan membawa bekal traveler juga tak perlu repot jika ternyata sulit mencari makanan dan minuman di sekitar objek wisata tujuan. Selamat jalan-jalan. (*)

Leave a Reply