Menu

Tips Cegah Kulit Rusak Usai Traveling

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Saat liburan bukan berarti perawatan kulit wajah juga libur. Perawatan kulit wajah tetap harus dilakukan supaya kulit tetap sehat dan tidak kusam. Bayangkan jika kulit wajah justru kusam dan berjerawat kala travling, maka feed Instagram tentu menjadi kurang sempurna.

Ahli dermatologis sekaligus Direktur Utama ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci., memaparkan sejumlah cara agar wanita tetap cantik ketika berlibur. Langkah pertama adalah bawa selalu tabir suryamu.

“Yang pasti harus mengoleskan tabir surya ke seluruh tubuh. Soal SPF-nya paling tidak ber-SPF 50 kalau misal berlibur ke daerah terik seperti pantai,” ujar dokter Maria, Rabu (03/10/2018).

Kemudian jika berencana untuk berwisata outdoor, Cherry mengingatkan agar untuk membawa perlengkapan yang dapat melindungi kulit dari gigitan serangga. “Kalau kegiatannya adalah outdoor, maka jangan lupa lindungi tubuh sedemikian rupa agar tak digigit serangga. Gigitan serangga kan bukan hanya di badan tetapi bisa di wajah. Dan kalau wajah digigit serangga jadi tidak cantik,” katanya.

Soal makanan, dokter Cherry pun mengingatkan untuk tidak makan makanan secara sembarangan. “Makan dijaga. Memang sih susah, hanya saja makan tak teratur, gorengan bisa menimbulkan jerawat bahkan breakout,” tandasnya.

Memiliki kulit cantik dan sehat adalah impian setiap perempuan. Tak sedikit yang mencoba berbagai cara perawatan kecantikan melalui dokter ahli atau produk perawatan kulit untuk mendapatkannya.

Tapi sebenarnya ada yang lebih sederhana lagi untuk dapat memiliki kulit yang cantik dan sehat. Cara ini juga sangat mudah, Anda cukup melakukan 13 kebiasaan, seperti dilansir dari Cosmopolitan berikut ini.

1. Jangan pernah tidur tanpa membersihkan wajah dari makeup. Seberapa lelahnya Anda, hapus makeup dulu sebelum tidur. Cuci muka dengan sabun atau mengusapnya dengan pembersih wajah bisa dilakukan kurang dari 10 menit.

2. Minum air putih banyak di pagi dan malam hari. Minum itu tidak hanya saat merasa haus atau sehabis berolahraga saja. Minimal 8 gelas sehari.

3. Pilih serum antioksidan untuk pemakaian sehari-hari. Cari serum yang minimal mengandung vitamin C dan E.

4. Pakai krim wajah dan tabir surya setiap hari sebelum menggunakan makeup. Meskipun cuma lima menit terpapar langsung matahari, tabir surya tetap digunakan. Pilih yang mengandung minimal SPF 15.

5. Pastikan bantal dan seprai Anda bersih. Sisa kulit mati, air ludah, residu produk rambut yang menempel pada bantal bisa menyumbat kulit Anda jika tidak dibersihkan.

6. Jangan menyentuh kulit Anda. Apalagi memencet jerawat atau komedo dengan tangan kotor. Tapi, ada pengecualian untuk whitehead, Anda boleh memencetnya dengan menggunakan tisu dan pencet secara perlahan.

7. Olahraga rutin. Yoga, jogging, atau pilates bisa jadi pilihan yang tepat. Tidak perlu terlalu sering dan lama, yang penting adalah rutin. Misalnya setiap hari selama 15 menit atau seminggu tiga kali selama 30 menit.

8. Tidak makan junk food berlebihan. Sesekali boleh makan kentang goreng atau burger. Jika berlebihan, ingat, kalori yang masuk tidak sebanding dengan harga yang Anda bayar jika kulit jadi bermasalah.

9. Gently exfoliate (pengelupasan). Tergantung tipe kulit Anda, gunakan produk peeling yang baik dan mengandung glycolic acid atau AHA, soft scrub, atau derma-planing untuk menghilangkan kulit mati. Lakukan pengelupasan seminggu satu hingga dua kali.

10. Gunakan kacamata hitam. Selain melindungi mata, kacamata hitam melindungi daerah sekitar mata dari sinar UV. Tabir surya tidak melapisi daerah sekitar mata. (EP)

The post Tips Cegah Kulit Rusak Usai Traveling appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply