Menu

Tips Hindari Mual Saat Travelling Naik KA

Kereta api perintis Cianjur – Sukabumi

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Mabuk perjalanan bukan sesuatu yang baru untuk dirasakan tubuh. Ketika berpergian menggunakan mobil, kereta api, pesawat, maupun kapal laut tak jarang rasanya tubuh ingin muntah, lemas, dan pusing tanpa sebab.

Mabuk perjalanan bisa dialami siapa saja, rentannya dialami oleh wanita hamil dan anak-anak saat berpergian ke suatu tempat. Bagi orang-orang yang melakukan perjalanan di kereta api, kapal, pesawat dan mobil, rasa mual dan pusing ini disebut sebagai motion sickness atau “penyakit” yang diakibatkan oleh gerakan. Kenapa namanya seperti ini?

Begini, mabuk saat perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Tetapi, kenyataannya saat kita berada di kendaraan yang sedang melaju, tubuh Anda pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tapi mata dan telinga Anda melihat ke sekitar selama perjalanan. Inilah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda nyatanya cuma diam.

Lalu, bagi tubuh yang tidak terbiasa ini, otak akan mengirimkan sinyak ke tubuh. Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh Anda. Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh Anda, biasanya sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh Anda keracunan. Sehingga otak Anda akan bereaksi untuk mengeluarkan racun di tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

Memang, perasaan mual dan muntah ketika naik kendaraan memang membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Bahkan ketika naik kereta api (KA) yang super nyaman sekalipun. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengurangi mabuk selama perjalanan dengan kereta api. Mual, pusing, muntah dan perasaan tak nyaman bakal hilang dengan beberapa tips berikut ini:

#. Berpikir positif

Di antara semua hal yang membuat kamu mabuk di perjalanan adalah negative thinking. Buat masalah ini, negatifnya adalah belum berangkat sudah pede bakal mual di jalan. Alam bawah sadar inilah yang kemudian membuat perasaan jadi kurang nyaman dan akhirnya benar-benar terjadi. Hindari hal ini dengan berpikir positif sebelum membeli tiket kereta api dan berangkat ke kota tujuan. Yakinkan diri bahwa perjalannnya bakal nyaman dan baik-baik saja. Dengan hati yang gembira, mual dan mabuk perjalanan bisa dihindari

#. Makan yang cukup

Jangan berangkat dalam keadaan lapar dan juga jangan mengisi perut dengan terlalu banyak makanan. Secukupnya saja agar tidak mengalami masuk angin di perjalanan. Perut yang kurang isi atau kelebihan isi akan memperbesar kemungkinan mengalami mual dan muntah di perjalanan. Jadi, sebaiknya isi secukupnya dan jangan lupa membawa cemilan untuk teman di perjalanan.

#. Rileks mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang disukai selama perjalanan akan membuat pikiran jadi lebih rileks. Kondisi badan yang santai inilah yang diperlukan oleh tubuh agar tidak merasa mual dan mabuk di perjalanan. Pilih lagu-lagu kesukaan sebelum berangkat, dan dengarkan selama di perjalanan.

#. Kurangi baca buku dan melihat ponsel

Membaca buku dan ponsel selama di perjalanan membuat mata dipaksa untuk fokus ke satu titik. Biasanya hal ini akan membuat kepala pusing, yang juga dialami oleh mereka yang suka naik KA sekalipun. Khusus ponsel, sinar radiasi dan guncangan selama perjalanan akan membuat mata bekerja dengan lebih berat. Karena itu sebaiknya hindari terlalu banyak melihat ponsel, dan sebisa mungkin jangan membuka game dengan grafik layar yang terlalu tinggi karena akan memperparah rasa pusing di kepala.

#. Tidur nyaman

Cara paling mudah untuk menghindari rasa mual di perjalanan adalah dengan tidur yang nyaman. Posisi tidur yang tidak nyaman tetap berpotensi untuk membuat kepala pusing. Karena itulah, sebaiknya bawa bantal leher untuk menyangga kepala saat tidur, sehingga mengurangi kemungkinan kepala pusing dan otot leher sakit. Setelah melakukan pemeriksaan tiket KA, siapkan peralatan tidurmu dan simpan barang berharga. Tidur di perjalanan juga akan membuat energimu cukup untuk jalan-jalan di kota tujuan nanti. Jadi dapat dua manfaat bukan?

#. Nikmati perjalanan

Naik kereta, artinya kamu bebas dari kemacetan dan pemandangan alamnya indah. Sawah-sawah yang menghampar, hutan hijau dan juga pegunungan cantik menjadi pemandangan selama perjalanan dan bisa kamu temukan di kota manapun. Nikmatilah perjalanannya dengan mengobrol atau mencari informasi tentang hal-hal menarik di kota yang kamu singgahi. Jangan segan pula untuk jalan-jalan dari gerbong ke gerbong untuk melakukan peregangan agar otot tidak tegang. (*)

Tags:,

Leave a Reply