Menu

Tips Liburan Hemat Akhir Tahun buat Pelajar Mahasiswa

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Jika ingin liburan akhir tahun tapi ternyata budget (dana) terbatas, jangan bingung karena semua masih bisa diatur asal kamu niat menjalankannya. Kuncinya adalah dipersiapkan dengan matang, dan dijalankan dengan tanpa beban. Hasilnya, liburanmu pasti bakal lebih berkesan.

Dirangkum dari Rencanamu.id, Sabtu (21/12/2019), mencatat ada 9 tips liburan akhir tahun atau liburan semester ganjil dengan dana terbatas bagi pelajar dan mahasiswa, antara lain:

Buat rencana perjalanan

Pertama harus dilakukan adalah membuat rencana perjalanan dengan niat sepenuh hati. Tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi dan browsing semua informasi terkait tempat itu. Kalau perlu, catat nomor kontak tempat wisata itu agar sewaktu-waktu bisa dihubungi. Jika buat reservasi hotel atau transportasi via online, maka harus dicatat nomor kontak setiap situs booking itu. Pastikan tanggal dan nama reservasi tercantum dengan benar namamu. Bekali diri dengan peta lokal dan jadwal angkutan umum, atau peta bisa dilihat di Google. Kenali cuaca isaat kamu melakukan perjalanan nanti. Jangan sampai salah bawa kostum.

Harus bisa memanfaatkan semua

Jika kamu punya saudara atau kenalan di suatu destinasi, maka bisa dikontak untuk minta tips-tips traveling dari mereka. Tentu mereka lebih paham disana, yang bisa berimbas pada penekanan budget.

Tak perlu pakai tour guide

Inilah tantangan traveling yang asik, sebab kamu dituntut banyak bertanya pada penduduk lokal tentang cerita-cerita di sekitar objek wisata itu. Hasilnya justru bisa lebih menarik dibanding dengan pemandu wisata yang monoton itu-itu saja.

Pilih hostel, bukan hotel
Ingin murah, maka pilih hostel. Saat ini juga sudah banyak hostel bertebaran dimana-mana. Meski murah, jangan khawatir soal keamanan. Sebab biasanya sudah disediakan loker dengan kunci masing-masing. Tetapi, di hostel sebuah kamar bisa terdiri dari 6-10 tempat tidur untuk berbagi dengan tamu lain. Jadi ya harus bisa saling menghargai privasi masing-masing.

Tak perlu beli peralatan khusus, cukup pinjam

Jika ingin traveling, biasanya ada yang gatal ingin beli peralatan. Tapi kalau bisa cukup pinjam atau sewa saja. Jadi uangnya bisa dialokasikan untuk yang lain.

Bawa bekal sendiri

Soal makanan, semua bisa diatur. Kalau bisa bawa bekal makanan sendiri. Misalnya mie instan cup, roti atau kering kentang. Jika mau beli makan, sebaiknya beli di warung/lapak pinggir jalan yang bersih. Jangan beli di restoran ya. Selain murah, kamu bisa menyicipi makanan khas setempat.

Jangan remehkan jalan kaki

Ketika traveling, kamu tidak harus melulu berkunjung ke objek wisata berbayar. Tapi sekedar jalan kaki keliling kota juga mengasikkan. Manfaatnya, kamu bisa melihat langsung aktivitas kota itu termasuk street performance atau street art serta arsitektur kota itu. Tentunya ini gratis kan.

Pilih naik transportasi umum

Jangan pilih taksi jika ingin hemat, maka pilihlah angkot atau transportasi umum. Tapi kamu juga harus lebih waspada jika naik angkot.

Beli suvenir di pasar saja

Kalau ingin beli suvenir, bisa beli di pasar ketimbang di toko. Tetapi kamu harus lebih jeli memilih barang itu agar barangnya benar-benar bagus. (*)

Tags:,

Leave a Reply