Menu

Tips Liburan Sekolah Tanpa Bikin Kantong Bolong

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Liburan sekolah sebentar lagi. Tak bisa dipungkiri liburan selalu akrab dengan uang, uang, dan uang. Bahkan rencana liburan sudah dipersiapkan dengan matang sekalipun, terkadang tak akan berjalan sesuai harapan jika tak punya uang yang cukup.

Padahal liburan menjadi momen yang paling pas untuk merelaksasi pikiran dan mendekatkan diri kepada anggota keluarga. Terbatasnya uang bukan menjadi faktor penghalang untuk pergi liburan bila Anda merencanakannya dengan baik.

Dengan beberapa tips berikut, rencana liburan sekolah pun bisa diwujudkan tanpa harus menguras kantong menjadi bolong, seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu (17/11/2018):

#. Pilih Waktu yang Tepat

Menghabiskan waktu liburan di luar kota memakan biaya yang tidak sedikit, apalagi saat liburan sekolah tiba. Biaya yang keluar mungkin melonjak dua kali lipat karena harga seluruh fasilitas selama liburan naik drastis. Tapi, Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan menentukan waktu yang tepat.

Biaya fasilitas liburan biasanya akan melonjak di awal hingga pertengahan waktu liburan tiba. Untuk menghemat biaya, Anda dan keluarga bisa berlibur di hari-hari terakhir liburan sekolah. Suasana liburannya mungkin akan sedikit berkurang. Tapi yang namanya liburan, tetap saja akan berkesan dan menyenangkan, apalagi kalau bersama keluarga. Ditambah lagi dengan biaya yang lebih murah.

#. Pastikan Jumlah Orang Ikut Liburan

Jumlah member yang ikut liburan tentu akan memengaruhi jumlah pengeluaran. Semakin banyak member, tentu pengeluaran akan semakin bertambah karena setiap member mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Tapi dengan mengetahui jumlah anggota keluarga yang ikut, Anda dapat memperkirakan jumlah pengeluaran yang akan dihabiskan selama liburan. Dengan demikian bujet yang telah dipersiapkan sebelumnya akan cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan selama liburan berlangsung.

#. Gunakan Transportasi Sesuai Tempat Liburan

Untuk mencapai lokasi tujuan berlibur, Anda bisa memastikan transportasi apa yang lebih ekonomis untuk menjangkaunya. Sebab tidak semua tempat wisata bisa lebih murah bila dijangkau dengan kendaraan pribadi, dan juga sebaliknya, lebih murah jika menggunakan transportasi umum. Jika memang tujuan wisata itu ternyata justru lebih murah bila dijangkau dengan transportasi umum, maka sebaiknya tinggalkan saja mobil di rumah dan nikmati berlibur menggunakan transportasi umum.

Fasilitas yang ditawarkan oleh transportasi umum memang sangat terbatas. Anda dan keluarga juga harus siap untuk sempit-sempitan di dalam kendaraan. Tapi, jika bepergian dengan transportasi umum bisa menghemat biaya, kenapa harus capek-capek mengendarai mobil sendiri? Bahkan semua keluh kesah yang dirasakan selama di perjalanan pun akan terbayarkan saat sudah sampai di lokasi tujuan.

#. Pilih Penginapan yang Murah

Suasana liburan akan terasa indah jika dihabiskan di penginapan mewah dan elit. Tapi, jumlah biaya yang dikeluarkan tentu akan sangat besar pula. Harga satu kamar hotel per malam saja bisa mencapai jutaan rupiah, apalagi saat musim liburan sekolah.

Liburan tidak selalu identik dengan penginapan mewah. Anda dan keluarga bisa menginap di tempat penginapan murah meriah selama liburan. Tetapi, tempat penginapan murah biasanya laku keras saat musim liburan sekolah tiba. Anda harus pesan tempat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan kalau tidak mau kehabisan.

#. Bawa Bekal Makanan Sendiri

Saat liburan sekolah tiba, harga makanan dan jajanan di lokasi liburan biasanya lebih mahal dari hari biasanya. Pengeluaran pun akan membengkak dengan sendirinya jika terus-menerus beli makan di luar. Daripada menambah pengeluaran, lebih baik membawa bekal makanan sendiri.

Membawa bekal makanan yang cukup tentunya akan menguntungkan. Selain menghemat biaya, makanan yang dibawa dari rumah tentu lebih sehat dan bergizi kalau dibandingkan dengan jajanan di luar. Keuntungan yang didapat pun lebih maksimal jika tempat penginapan mempunyai dapur pribadi. Jadi, Anda dan anggota keluarga bisa memasak makanan sendiri tanpa harus membelinya di luar.

#. Kurangi Pembelian Oleh-Oleh
Membawa oleh-oleh setelah liburan seolah memang sudah wajib saja. Tapi, membeli oleh-oleh tentu akan menambah jumlah pengeluaran. Kalau sampai kebablasan, biaya yang dihabiskan untuk membeli oleh-oleh bisa lebih mahal dibandingkan biaya penginapan selama liburan.

Boleh saja kalau ingin membawa oleh-oleh, tapi batasi bujet untuk membelinya. Oleh-oleh yang dibeli juga tidak perlu terlalu mahal. Cukup oleh-oleh yang murah meriah, yang penting membawa buah tangan untuk sanak saudara, teman kerja, ataupun tetangga. (EP)

The post Tips Liburan Sekolah Tanpa Bikin Kantong Bolong appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply