Menu

Tips Siasati Permintaan Oleh-oleh Saat Liburan

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Selain perlu mempersiapkan diri sebelum liburan, juga perencanaan sangat penting agar traveling semakin bergeming. Liburan dengan melancong ke berbegai destinasi selain menghilangkan kejenuhan dan melepas segala kepenatan setelah berbagai kesibukan, juga mendapat banyak informasi, wawasan, pengetahuan terkait sosial, budaya hingga kuliner di destinasi yang disambangi.

Namun, terkadang celotehan umum orang yang tahu teman, sabahat, tetangga maupun saudara pun selalu meminta oleh-oleh, ingin ini ingin itu, jangan lupa ya oleh-olehnya, nitip ini dong juga sederet kalimat tuntutan lain kerap menghantui selama liburan. Bahkan dapat menjadi beban bagi sebagian orang.

Ada beberapa tips dilansir dari akun Instagram @halotiketid agar kamu terhindar dari segudang permintaan tersebut, ini tips menyiasatinya:

#. Silent Holiday
Ketika kamu hendak berlibur, jangan memberi tahu siapapun kecuali keluarga kamu. Hal ini memicu kamu akan dihujani dengan permintaan oleh-oleh dari berbagai sisi. Tujuan utamamu berlibur memang untuk bersenang-senang bukan? Tidak perlu pamer di media sosial, cukup abadikan moment di kamera dan kenanganmu, liburan akan menjadi nyaman dan tentram. Kamu enggak mau kan liburan terganggu karena mencarikan oleh-oleh teman-temanmu? Setelah liburan selesai, kamu baru bisa memposting moment di media sosial. Aman deh!

#. Bagasi Penuh

Alasan ini bisa jadi andalan kamu yang berlibur menggunakan pesawat. “Maaf ya bagasinya sudah penuh”. Mungkin alasan ini akan menunjukkan kamu sedikit pelit, tapi ini cara menolak halus yang enggak menyakitkan kok.

#. Kondisi Keuangan

Terkadang temanmu tidak tahu kondisi keuanganmu ketika berlibur. Mereka tidak tahu-menahu tentang budgetmu yang menipis. Ketika permintaan oleh-oleh berdatangan, kamu bisa menolaknya dengan mengatakan yang sejujurnya tentang budget liburanmu. Jika mereka masih memaksa, ada baiknya kamu menawarkan jasa titip, “nanti uangnya ganti ya”.

#. Mencari Alasan

Jika temanmu mulai membahas tentang liburanmu, coba untuk tidak meresponnya. Namun, jika kamu tipikal orang yang tidak enakan, kamu bisa mencari-cari alasan. “Kalau sempat ya,” “nanti aku kabarin lagi ya” itu salah dua alasan yang bisa menghentikan permintaan oleh-oleh dari temanmu.

#. Langsung Menolaknya
Kunci dari menyiasati permintaan oleh-oleh saat berlibur adalah ketegasan. Kamu sesekali harus berani dan menjadi orang yang “tegaan”. Meskipun teman-temanmu nanti akan berpikir bahwa kamu orang yang sinis, sombong atau pelit, enggak masalah! Demi kenyamanan liburanmu, dengan terpaksa kamu harus menolak secara langsung permintaan tersebut.

#.Pura-pura Lupa

Nah, kalau ini dirasa alasan yang paling manjur dan tanpa basa-basi deh kayaknya. Ketika waktu liburanmu sudah selesai, dan mereka menagih oleh-oleh, kamu cukup pakai jurus pura-pura lupa. Dijamin jitu deh. (EP)

The post Tips Siasati Permintaan Oleh-oleh Saat Liburan appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply