Menu

Tips Traveling Aman bagi Perempuan

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Para pendatang kerap menjadi incaran kejahatan di lokasi wisata. Alasan keamanan ini sering kali menjadi hambatan bagi para solo traveler atau orang yang berwisata seorang diri, khususnya perempuan.

Sebaiknya kekhawatiran berlebih tidak perlu dilanggengkan dalam diri, karena bepergian seorang diri dengan aman tetap bisa dilakukan dengan menyiapkan dan memerhatikan beberapa hal.

Pemandu acara petualangan Who Runs The World, Yeoh Mong Chin, baru saja menjelajahi enam negara di Asia Tenggara selama delapan pekan, membagikan tips traveling aman bagi perempuan, seperti dilansir laman CNNIndonesia.com, Selasa (24/07/2018).

#. Riset

Mong Chin yang merupakan influencer asal Singapura menyarankan para solo traveler untuk mencari banyak informasi dengan melakukan riset sebelum mengunjungi tempat baru. Nomor satu, lakukan banyak riset sebelum bepergian. Riset itu mencakup informasi soal lokasi mulai dari jam buka-tutup, transportasi dari dan menuju lokasi, makanan yang tersedia, serta ulasan dari orang lain yang pernah mengunjung tempat itu.

#. Cari Teman

Mong Chin yang dikenal dengan nama beken Mongabong di media sosialnya, menyarankan orang yang bepergian sendiri untuk mencari kawan saat mengunjungi tempat baru. Teman bisa didapatkan dari mencari kenalan atau juga dengan menyewa pemandu wisata yang terjamin keamanannya.

#. Kunjungi tempat populer

Agar tetap berada di area yang aman, sebaiknya kunjungi tempat yang sudah populer atau objek wisata yang sudah dikenal luas. Tempat-tempat ini biasanya sudah dijaga oleh pihak yang berwajib dan lebih aman ketimbang tempat yang tersembunyi atau belum banyak dikunjungi. Selain itu, hindari tempat-tempat yang dikenal rawan dan rentan terhadap kejahatan.

#. Hindari pulang larut malam

Suasana malam yang gelap dan sepi kerap menjadi incaran kejahatan. Cobalah untuk menghindari waktu-waktu ini untuk bepergian. Menurut Mong Chin, sebaiknya maksimalkan waktu berwisata di pagi dan siang hari yang lebih ramai dan lebih aman ketimbang malam hari. Namun, jika tak bisa dihindarkan tak ada salahnya memanfaatkan transportasi seperti taksi online yang lebih aman.

#. Jangan takut

Salah satu kunci perjalanan yang aman adalah jangan takut ketika tiba di tempat baru, dan berhadapan dengan orang-orang yang kurang familiar. Cobalah untuk terbuka dengan lingkungan baru. Mong Chin menyarankan untuk jangan sungkan meminta bantuan orang asing atau warga lokal saat sedang bepergian. “Sangat penting untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan. Jadi, jangan ragu untuk menyampaikannya,” ujar Mong Chin. (NDY)


Leave a Reply