Menu

Tips Traveling Membawa Hewan Kesayangan


JAKARTA, JalanJalanSeru.com:
Traveling bisa jadi tidak menyenangkan saat seseorang meninggalkan hewan peliharaan atau kesayangannya dalam waktu yang lama di rumah seorang diri. Di sisi lain, membawa serta binatang dalam perjalanan memang sangat menyulitkan.

Apabila menitipkannya juga bukan menjadi pilihan, tidak ada solusi lain selain mengajak hewan peliharaan berlibur. Karena ini bukan hal yang mudah, dibutuhkan persiapan agar perjalanan tetap menyenangkan dan aman. Yuk, simak apa saja yang mesti Anda persiapkan saat melancing sambil membawa hewan kesayangan, inilah tipsnya:

#. Siapkan tanda pengenal

Pastikan hewan peliharaan sudah dilengkapi dengan tanda pengenal yang berisikan nama si hewan serta informasi kontak yang bisa dihubungi. Ini akan membantu mempertemukan kembali apabila dia terpisah dari Anda. Pastikan juga informasi yang diterakan sudah diperbarui.

#. Tempatkan di tempat yang tepat

Jika Anda berkendara sendiri menggunakan mobil, pastikan hewan peliharaan berada di tempat yang tepat. Akan lebih baik membawa wadah pengangkut khusus agar hewan peliharaan tidak melompat ke arah Anda dan membuat Anda berhenti tiba-tiba. Anda bisa juga melengkapi mobil Anda dengan sabuk pengaman untuk hewan yang bisa dibeli di toko perlengkapan hewan.

#. Jangan gunakan tali tuntun otomatis

Saat berjalan di bandara, terminal atau stasiun, hindari penggunaan tali tuntun otomatis. Ini memungkinkan hewan menarik tali hingga batas akhir dan akan mudah terbawa dalam arus kepadatan orang dalam jumlah besar. Tali tuntut statis adalah pilihan terbaik dan pergerakannya mudah dipantau dalam jarak tertentu.

#. Cari informasi aturan bawa hewan peliharaan di pesawat

Mantan petugas penerbangan Alaska Airlines, Elaine Malmrose, menyarankan mencari tahu aturan terkait membawa hewan peliharaan sebelum memesan tiket pesawat. “Baca persayaratan untuk melihat apa yang akan dibutuhkan hewan nantinya seperti ukuran wadah pengangkut, makanan dan minuman, dan lain-lain. Banyak orang tidak memahami ini,” kata Malmrose dikutip Yahoo, Ahad (18/11/2018).

Kebanyakan maskapai, meminta menyertakan sertifikat kesehatan hewan ketika melakukan penyebrangan antarnegara. Jika tidak melengkapi ini, bisa jadi Anda tidak bisa membawa hewan peliharaan ikut penerbangan bersama Anda. Yang pasti aturan setiap maskapai terkait hal ini tidak sama. Oleh karena itu penting mencari tahu terlebih dahulu.

#. Jangan tempatkan hewan peliharaan di bagasi

Apabila hewan peliharaan yang dibawa berukuran kecil, Malmrose tidak menyarankan meletakkannya di ruang bagasi. Guncangan yang besar saat penerbangan akan membuat wadah pengangkut mudah terhempas. Ditambah lagi kondisi gelap di ruang bagasi akan menyebabkan trauma pada hewan. Rasa trauma ini akan mempersulit saat perjalanan pulang nantinya.

Jika ukuran wadah pengangkut masih memungkinkan untuk dibawa masuk ke kabin, taruhlah dikursi sebelah Anda atau letakkan di bawah kursi bagian depan. Dengam demikian kondisi hewan peliharaan bisa terpantau dan membuat hewan lebih nyaman.

#. Pastikan hewan terbiasa dan nyaman di perjalanan

Beberapa hewan peliharaan ada yang gugup saat di perjalanan. Kondisi ini akan sangat menyulitkan. Untuk memastikannya, coba ajak hewan berkendara jarak dekat untuk mengukur seberapa gugup mereka di perjalanan. Jika hewan peliharaan Anda sakit atau sudah tua sebaiknya melakukan perjalanan dengan mobil atau kereta.

#. Siapkan obat penenang

Obat penenang bisa menjadi cara terakhir untuk membawa hewan peliharaan dengan tenang. Meski demikian, jangan langsung mudah saja memberikan obat penenang karena hal itu juga memiliki risiko, termasuk perubahan kecepatan denyut jantung. Konsultasikan terlebih dahulu apakah hewan peliharaan Anda aman diberi obat penenang. (EP)

The post Tips Traveling Membawa Hewan Kesayangan appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply