Menu

Tips Wisata Asyik Pulau Tidung

TIPS WISATA PULAU TIDUNG - Pesona tiada akhir di salah satu pulau Kepulauan Seribu.Bila kita ingin menghabiskan masa liburan tanpa harus bersusah payah keluar dari Jakarta, maka kita bisa memutuskan untuk menikmati liburan di Pulau Tidung. Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta. 


Memutuskan untuk melakukan wisata Pulau Tidung akan membawa kita pada berbagai keindahan alam yang pastinya akan membuat kita merasa termanjakan dengan berbagai kegiatan mulai dari snorkeling hingga melihat hutan mangrove. Vegetasi asli dari Pulau Tidung membuat kita bisa mendapati lautan yang jernih dengan berbagai batu karang warna-warni yang mempesona. Jajaran pohon yang rapi membuat tampilan pulau ini terlihat begitu mengundang bagi siapapun yang melihatnya. Bila kita melihat lebih jauh, ada beberapa deretan pulau yang tergabung dalam Kepulauan Seribu mulai dari Pulau Anyer, Pulau Pramuka, Pulau Umang, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan Pulau Putri yang termasuk sebagai tempat tujuan wisata yang diminati banyak wisatawan. 


Pulau Tidung terletak di bagian barat Kepulauan Seribu Selatan yang bisa kita capai dengan mengendarai speedboat dari Muara Angke selama 2,5 – 3 jam perjalanan. Sebagai salah satu pulau yang dipromosikan dengan gencar sebagai tempat tujuan wisata, bisa dipastikan kita akan menemukan berbagai hal yang menarik di pulau ini.

Untuk diketahui, Pulau Tidung terbagi menjadi 2 bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Kecil adalah pulau tidak berpenghuni dan disana kita akan menemukan vegetasi hutan mangrove yang dikelola pemerintah dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam di sekitar pulau. Wisata Pulau Tidung akan membuat kita mendapatkan banyak hal yang menarik mulai melakukan berbagai kegiatan water-sport hingga berkeliling pulau. Beberapa water-sport yang bisa kita temukan di pulau ini antara lain banana boat, kano, jet ski, diving, snorkeling, dan masih banyak lainnya. Bila kita tidak membawa sendiri perlengkapan snorkelilng dan diving, maka kita bisa menyewanya – ada beberapa tempat penyewaan yang bisa kita tuju dengan berbagai variasi harga yang berbeda. 


Siapapun yang pernah datang ke pulau ini pasti akan kembali lagi karena keasrian yang dimilikinya. Tidak ada yang bisa menolak pesona yang ditawarkan oleh pulau ini – tak siapapun. Sekedar tips yang mungkin akan berguna, bila memutuskan untuk pergi ke pulau Tidung, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang berbahan katun berwarna cerah sehingga bisa menyerap dengan baik keringat karena cuaca pulau yang panas.




wisata pulau tidung

Salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang ke Pulau Tidung adalah terumbu karangnya yang mempesona. Kita akan menjumpai berbagai macam ukuran dan warna terumbu karang yang akan membuat mata kita tak berhenti berkedip saat melihat deretan terumbu karang tersebut. Selain itu, desiran angin pantai yang sepoi-sepoi dan jernihnya air laut yang biru pasti membuat siapapun akan terbuai saat berada di sana. Melakukan wisata Pulau Tidung tidak akan lengkap bila kita hanya mengunjunginya selama beberapa jam saja, kita harus menginap untuk merasakan sensasi yang ditawarkan oleh pulau ini. Tak perlu khawatir tentang akomodasi bila menginap di pulau ini karena ada banyak penginapan dan homestay yang bisa kita temukan dengan berbagai variasi harga dan fasilitas yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, selera, dan kemampuan masing-masing dari kita. 


Melalui penginapan atau homestay tersebut kita juga bisa menyewa berbagai peralatan penunjang wisata yang kita lakukan mulai dari perahu, sepeda, peralatan snorkeling, diving, dan lainnya. Saat ini, Pulau Tidung menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan baik lokal maupun asing untuk menghabiskan masa liburannya. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya jumlah wisatawan yang datang. Agar kita tidak kehabisan tempat menginap, maka alangkah lebih baiknya bagi kita untuk melakukan pemesanan tempat penginapan jauh-jauh hari sebelumnya. Kita bisa melakukan booking tempat melalui berbagai agen wisata dan juga bisa melakukannya sendiri.


liburan ke pulau tidung



Berikut beberapa tips liburan ke Pulau Tidung  : 

1. Persiapan membawa Uang Tunai

Bawa persiapan uang tunai yang cukup karena di pulau ini belum ada mesin ATM.

2. Transportasi ke Pulau Tidung

Dari Dermaga Muara Angke Jakarta Utara kita bisa gunakan kapal kayu bermotor berangkat antara jam 06.00 WIB – 07.00 WIB, jadi perhitungkan waktu tempuh sebelum menuju ke Dermaga Muara Angke. Kapal akan kembali dari Pulau Tidung ke Dermaga Muara Angke sekitar jam 14.00 WIB.Tarif angkutan kapal sekali jalan Rp 33.000,- .Waktu Tempuh Dari Muara Angke ke Pulau Tidung 2 jam.

Dari Marina Ancol : 

Menggunakan KM Kerapu. Harga tiket Rp. 32.000 belum termasuk tiket masuk Ancol.Dalam 1 hari setidaknya ada 2 – 3 keberangkatan kapal dari dermaga Marina Ancol. Jadwal keberangkatan kapal setiap jam 11.00 WIB, paling banyak pada hari Sabtu sedangkan pada hari biasa, jadwal keberangkatan kapal hanya dua kali.

Dari Tagerang ke Rawasaban harga tiket kapal hanya Rp 18.000.

Note : Persiapkanlah bekal minuman dan obat anti mabuk sebelum menyeberang ke Tidung

3. Penginapan  di Pulau Tidung

Untuk pilihan menginap wisata di Pulau Tidung sebagian besar adalah homestay atau rumah yang dijadikan penginapan.Masyarakat di sini juga membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan-penginapan ini ada juga yang memiliki fasilitas AC dan kamar mandi dalam dan televisi. Harga per kamar di penginapan-penginapan tersebut tidak ada yang tetap. Semua bisa di tawar sesuai jumlah orang yang akan menginap. Rata-rata harganya 300 ribu sampai 400 ribu per malam per kamar. Per kamar dapat memuat antara 4 sampai 8 orang. 


Berikut Daftar penginapan atau homestay di Pulau Tidung  :
Nasykev Homestay, telp 0815 7477 7403
Tias Homestar, Telp 0858 1187 0241
Penginapan Anggun, Telp 0815 8446 9772 / 0858 8866 2196
Losmen Dua Saudara, Telp 0858 1045 0242
Penginapan Samudra, Telp 0815 8561 9667
Pengianapan Kautsar, Telp 0858 1330 5090
Mutiara Homestay, Telp 0815 1019 4188
Penginapan Husbana, Telp 0858 1430 4633
Penginapan Banny, Telp 0858 1421 8470, 0858 2544  992
Penginapan Saradita, Telp 0816 1962 072, 0858 1457 4714
Penginapan Audi, Telp 0858 1460 6857
Penginapan RHS, Telp 0815 1127 1540, 0857 8021 2680
Penginapan Natasya, Telp 0858 8015 942

Restoran  atau warung makan

Banyak warung dan restoran dengan harga terjangkau di pulau ini tentu dengan menu sea food, pusat nya ada di area pulau tidung besar menuju jembatan cinta.

Aktifitas atau Wisata Menarik di Pulau Tidung

Berkeliling wisata pulau Tidung dengan becak bermotor sekitar Rp 5.000,-  atau menyewa sepeda Rp 15.000,- .Diving atau Snorkeling, sewa tabung dan baju menyelam sekitar Rp 300.000. Sementara alat snorkeling sekitar Rp 35.000. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang.Bermain Banana Boat hanya Rp 30.000 / orang

Note : 

Bulan April sampai dengan Oktober waktu yang pas untuk liburan di Pulau Maldivesnya Indonesia ini karena iklim cenderung cerah.Oleh – oleh khas manisan cermai, dan manisan rumput laut, asinan cumi – cumi, kerupuk sukun.Foto tempat anda menginap jika kita tersesat tinggal tunjukan foto tersebut, hal ini dikarenakan jalan di pulau ini seperti labirin tidak ada nama jalan hanya nomor rumah.


paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply