Menu

Tips Wisata : Liburan ke Gangwon, Korsel

Negeri Gingseng memiliki sejuta pesona yang menarik bagi wisatawan. Tak hanya Seoul, kini Provinsi Gangwon mulai menyapa para wisatawan dengan menawarkan destinasi-destinasi menarik yang dimilikinya. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Gangwon untuk berlibur, Manajer Pemasaran Provinsi Gangwon untuk Malaysia dan Brunei, June Lau berbagi tips untuk berlibur di provinsi yang terleak di timur laut Korea Selatan ini.

Destinasi

Pulau Nami dan Gunung Sorak menjadi destinasi wisata andalan Gangwon. Terlebih Pulau Nami yang merupakan lokasi syuting dari drama Korea, Winter Sonata. Namun, Lau mengatakan masih banyak destinasi-destinasi lainnya yang tak kalah indah dari dua lokasi tersebut, seperti Jade Garden yang berlokasi di ibu kota Gangwon, Chuncheon. Jade Garden juga merupakan lokasi syuting drama-drama lain seperti Love Rain dan That Winter, The Wind Blows.

“Ada juga Jeongdongjin untuk lihat sunrise, selain itu ada juga sea train di Jeongdongjin, kamu bisa lihat laut dari atas kereta,” jelas Lau.

Bagi yang ingin wisata budaya, Gangneung juga bisa dikunjungi. Di Gangneung terdapat rumah tradisional dan situs-situs sejarah lainnya. Rekomendasi terakhir dari Lau adalah Jeongseon. Wilayah ini juga dikenal dengan budayanya yang menarik bagi wisatawan. Wisatawan dapat berkunjung ke pasar tradisional di sini, sebab Jeongseon juga terkenal dengan pasar tradisionalnya dan juga rail bike-nya.

Waktu Kunjungan

Musim gugur dan musim dingin menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Gangwon. Pasalnya, pada musim gugur wisatawan dapat melihat daun-daun berguguran dengan suasana indah dan romantis. Gunung Sorak disebut Lau sebagai tempat terbaik untuk menikmati musim gugur. Untuk musim dingin, Lau mengakui banyak terdapat destinasi apik untuk menikmati salju di provinsi ini. Namun, ada satu lokasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Gangwon di musim dingin 2018, yakni Pyeongchang.

“Di Pyeongchang nanti akan ada Winter Olympics di 2018. Ini merupakan event olahraga musim dingin internasional,” jelas Lau.

Selain itu, Lau mengatakan akan banyak tedapat festival saat musim dingin di Gangwon. Untuk mempermudah wisatawan dan masyarakat, terdapat shuttle bus dari Seoul ke masing-masing festival tersebut.

AFP PHOTO / ED JONES Wisatawan berfoto menggunakan tongkat narsis (tongsis) di salah satu kawasan wisata, di Seoul, Korea Selatan, 26 November 2014. Tongsis yang dijual dan beredar di negara K-pop tersebut diwajibkan melalui sertifikasi khusus.

Transportasi

Bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Gangwon dari Seoul, transportasi subway menurut Lau bisa dijadikan pilihan yang tepat. Namun, jalur subway dari Seoul hanya sampai Kota Chuncheon. Akan tetapi, jika wisatawan ingin pergi ke kota lainnya di Gangwon, wisatawan bisa pergi menggunakan bus. Menurut Lau, sebagian besar wisatawan di Gangwon mengunakan bus sebagai sarana transportasi mereka untuk pergi dari satu tempat wisata ke tempat lainnya.

Tempat Menginap dan Makan

Bagi wisatawan, jangan khawatir memikirkan tempat menginap dan makan saat berkunjung di Gangwon. Sebab, Lau mengatakan saat ini tersedia banyak penginapan dan juga restoran di provinsi ini. Tak hanya itu, Lau menceritakan saat ini Gangwon menyediakan fasilitas-fasilitas bagi wisatawan Muslim.

“Sekarang di Nami Island mereka baru saja buka restoran halal yang disertifikasi dari Korean Islamic Federation, sebab kami ingin mengundang lebih banyak pelancong Muslim, di Nami Island juga ada musala untuk laki-laki dan perempuan,” tutup Lau.


Penulis : Mentari Chairunisa
Editor : I Made Asdhiana

Leave a Reply