Menu

Wisata Kuliner Samarinda yang MakNyuss

Kekayaan Cita Rasa Indonesia : Wisata Kuliner di Samarinda

Sama seperti kebanyakan kota di Kalimantan, Samarinda yang berada di Kalimantan Timur ini pun dibelah oleh sungai Mahakam. Samarinda yang didiami oleh penduduk beraneka suku menjadikan Samarinda pun menjadi beraneka ragam kulinernya. Nah, ini dia daftar panduan untuk wisata kuliner di Samarinda yang dapat berguna untuk Anda.

1.Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning

wisata kuliner di Samarinda

Ya, nasi kuning yang dimaksud di sini adalah sajian nasi yang berasal dari beras yang dimasak dengan santan dan diberi pewarna kuning alami dari kunyit. Nasi kuning kemudian biasanya disajikan beberapa lauk pauk seperti suwiran ayam goreng, irisan telur dadar atau telur rebus dan tempe orek. Nasi kuning juga terkenal di Samarinda, sama seperti beberapa kota lainnya. Namun yang membedakan nasi kuning ala Samarinda terletak pada lauk pauknya. Jika biasanya menggunakan ayam dan telur, di Samarinda Anda akan menjumpai nasi kuning yang disajikan bersama ikan gabus khas Samarinda dan beberapa daerah di Kalimantan lainnya, ikan Haruan. Ikan Haruan biasanya dimasak dengan bumbu merah khas Samarinda. Anda dapat mencicipi nasi kuning ala Samarinda ini di banyak titik di kota, terutama di Jalan Lambung Mangkurat.

2. Wisata Kuliner Ayam Banjar

kuliner samarinda

Karena sebagian besar penduduk Samarinda adalah keturunan dari suku Banjar, maka kurang lebih masakan yang ada di sini mirip dengan kota tetangganya, Banjarmasin. Sehingga salah satu kuliner yang menggunakan nama Banjar ini termasuk dalam kuliner khas Samarinda. Ayam Banjar adalah sajian ayam yang digoreng kering dan memiliki rasa yang khas. Ayam goreng kemudian disajikan bersama sambal yang diberi potongan jeruk serta sambal goreng ati, yang merupakan salah satu pembeda Ayam Banjar dengan sajian ayam lain. Ayam Banjar akan semakin sedap juga jika ditemani dengan sayur santan labu kuning atau sayur bening. Nah, jika ingin mencicipi kelezatan Ayam Banjar, Anda bisa mencobanya di Rumah Makan Banjar di Jalan Khabul Hasan.

3. Wisata Kuliner Sate Banjar

Satu lagi sajian dengan nama Banjar yang masih menjadi kuliner khas dari Samarinda. Sate Banjar. Sate Banjar adalah sate yang tidak menggunakan lemak dan kulit dalam potongan dagingnya, sehingga sate yang disajikan 100% daging. Selain itu, Sate Banjar menggunakan bumbu kacang namun memiliki cita rasa yang manis. Sate Banjar kemudian disajikan bersama sepiring nasi hangat atau ketupat, lalu ditemani dengan potongan mentimun sebagai lalapannya. Menarik, ya? Sajian sate ini dapat banyak Anda temukan di Samarinda, namun yang menjadi salah satu rekomendasi adalah Rumah Makan Syari.

4. Wisata Kuliner Sup Ikan Akmal

Kota yang terkenal dengan ikan patin atau yang disebut palimara oleh orang setempat ini memiliki salah satu pilihan wisata kuliner di Samarinda yang sedap sekaligus menyegarkan. Apa itu? Sup Ikan Akmal! Sup ikan yang disajikan di sini menggunakan daging ikan patin. Daging ikan patin ini kemudian diolah dan disulap menjadi hidangan yang sangat sedap dan menyegarkan. Sup ikan disajikan panas-panas, memiliki rasa asam yang pas dan rasa pedas yang menyatu dan meledak di mulut. Sup yang merupakan perpaduan masakan Sulawesi dan Samarinda ini sangat wajib masuk ke daftar wisata kuliner Anda. Cicipi Sup Ikan Akmal di Rumah Makan Akmal yang berada di Jalan Awang Long.

5. Wisata Kuliner Bubur Ayam Banten

bubur ayam samarinda

Walaupun menggunakan nama Banten, bubur ini menjadi sajian kuliner yang terkenal di Samarinda, lho. Bubur Ayam Banten ini menjadi unik karena sajian buburnya menggunakan kuah. Selain itu, buburnya sendiri sudah memiliki cita rasa yang gurih, kemudian dilengkapi dengan suwiran daging ayam, irisan telur rebus, irisan daun bawang dan seledri, serta potongan tomat. Jangan lupakan juga emping sebagai pendamping agar bubur lebih sedap. Jika penasaran dengan sajian bubur berkuah, Anda bisa mencicipinya di Komplek Prefab yang berada di Jalan Harmonika atau berada di depan Kantor Bapedalda.

Itu tadi adalah daftar wisata kuliner di Samarinda yang dapat Anda coba untuk membuktikan kekayaan cita rasa yang dimiliki kota ini. Happy tasting!


paket-liburan-jogja-keluarga-kantor-harga-murah

Leave a Reply