Menu

Merencanakan Perjalanan ke Depan Perhatikan Tiga Hal Utama

Jika waktunya tiba untuk Anda dapat kembali melakukan perjalanan dengan orang-orang tercinta, pastikan itu dilakukan dengan aman. ( Ilustrasi: Washington Post)

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Dalam beberapa bulan terakhir, hidup kita mengalami perubahan secara radikal. Virus Corona yang pertama kali ditemukan di China pada akhir tahun lalu, kini telah menjadi pandemi global setelah ada hampir 3 juta kasus terinfeksi virus mematikan itu di 213 negara di dunia. 

Para penasehat kesehatan dimanapun di seluruh dunia meminta warganya untuk tinggal di rumah dan mempraktekkan social distancing guna mengurangi penyebaran virus yang menyerang saluran pernafasan itu. 

fl, seperti yang kita alami saat ini, seolah terhenti akibat virus Corona. Situasi inii berdampak luar biasa karena jumlah warga dunia yang terinfeksi virus ini belum menunjukkan tanda bakal menurun.  

Saat ini hampir seluruh warga dunia termasuk Anda hanya diizinkan bepergian atau tepatnya keluar rumah untuk keperluan yang maha penting. Namun mudah-mudahan, keadaan segera membaik. Segala bentuk pembatasan perlahan-lahan akan dikurangi. 

 Jika waktunya tiba untuk Anda dapat kembali melakukan perjalanan dengan orang-orang tercinta, pastikan itu dilakukan dengan aman. Untuk jangka waktu yang lama, orang kemungkinan besar masih khawatir menggunakan transportasi umum. Lalu, apa yang bisa dilakukan jika itu terjadi?  

Misalnya Anda sedang berada di kota tua Pune, India, dan tidak punya mobil. Bagaimana Anda bepergian untuk perjalanan luar kota dan dalam kota? Salah satu pilihan cerdas adalah menyewa mobil dari rental house setempat. 

Tentu  biayanya lebih mahal ketimbang menggunanan transportasi umum. Meski demikian, inilah cara teraman untuk memastikan Anda tidak terinfeksi virus Corona dari orang lain dan relatif bisa menjaga jarak dengan benar.

Saat situasi kembali normal – meski selama vaksin belum ditemukan keadaan tak bisa betul-betul dianggap normal – tetaplah melakukan langkah berikut agar perjalanan Anda aman. Inilah sejumlah poin utama yang perlu diingat, dilansir dari TravelDailyNews.

  1. Hindari kerumunan dan daerah ramai

Kita sepakat bahwa perlu waktu beberapa msaat untuk kembali ke keadaan normal setelah seluruh dunia terdampak parah oleh virus Corona. Perlahan kini dampaknya mulai berkurang. Jika Anda telah merencanakan sebuah perjalan, baik ke luar negeri maupun dalam negeri, sebaiknya hindari tempat-tampat yang terlalu padat. Jika berencana untuk liburan atau bepergian bersama teman-teman, kunjungilah dulu tempat wisata domestik atau terdekat. Jangan lupa, hindari keramaian, terutama di ruang tertutup.

Sebelum mengunjungi satu tempat, tak ada salahnya meriset dengan teliti lokasi yang hendak dikunjungi, lalu rencanakan perjalanan dengan tepat. Perjalanan Anda akan lebih aman jika dilakukan dengan mengendari mobil pribadi atau menyewanya dari rental house setempat. 

Hal Ini dapat memastikan Anda terhindar dari tempat-tempat ramai selama perjalanan. Selain itu, pastikan mobil yang akan Anda sewa diantar langsung di depan pintu hotel Anda menginap.

  1. Bersihkan sesering mungkin benda-benda yang kerap digunakan

Jika Anda menginap di hotel maupun losmen, pastikan tempat itu bersih. Ini tipsnya: saat melakukan check-in mintalah seorang staf hotel menemani untuk bersama-sama memastikan kamar Anda sudah bersih. Bawalah disinfektan untuk membersihkan benda-benda yang sering digunakan, seperti kunci atau tas selempang. 

Jika harus bepergian dengan transportasi umum, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan: hindari kontak dengan hal-hal yang mungkin terinfeksi. Tapi jika Anda sewa mobil dengan sistem lepas kunci, maka setidaknya Anda  terselamatkan dari masalah besar ini. 

  1. Tetaplalah jaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin

Hal lain yang harus Anda patuhi saat bepergian adalah memastikan kebersihan tangan dengan mencucinya sesering mungkin. Jika Anda bepergian dengan pesawat, cucilah tangan dengan benar segera setelah meninggalkan bandara.

Saat sedang menjelajah kota atau ‘nongkrong’ di satu tempat dan Anda melihat seseorang batuk, bersin, atau menunjukkan gejala pilek dan flu, usahakan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dari mereka. Hal yang sama berlaku ketika Anda memesan mobil sewaan dari rental house. Dengan Internet, Anda tidak perlu lagi melakukan kontak langsung atau datang ke kantor.   

Tetaplah aman agar bisa bepergian lagi Bagi Anda yang tak memiliki kendaraan, transportasi umum menjadi andalan. Virus Corona telah mengajarkan kita bagaimana  menjalani hidup di era yang tak pernah terjadi sebelumnya ini. Perlu selalu menjaga kesadaran bahwa kita harus bertanggung jawab mengikuti semua  tindakan pencegahan secara disiplin. Dengan begitu, kita akan aman. Jadi, pastikan Anda tetap aman agar bisa bepergian lebih banyak!

Leave a Reply