Menu

Nila Tanzil, Berbagi Tips Solo Travelling

Bagi Nila Tanzil, berwisata dengan gaya solo traveling memiliki satu kesenangan yang berbeda dari wisata dengan kelompok. Wanita yang memiliki hobi menyelam ini telah banyak mengunjungi daerah-daerah yang memiliki titik-titik penyelaman yang menarik. Nila mencontohkan ketika pergi solo traveling untuk menyelam di seluruh Thailand.

Selain menyelam, ia pun juga memiliki pengalaman menarik ketika berwisata ke Myanmar di mana ia mengunjungi Yangon untuk melihat pagoda. Baginya, solo traveling berbicara tentang kebebasan dalam berwisata. Ia dapat mengatur jadwal mengunjungi obyek-obyek wisata secara bebas dan juga fleksibel dalam hal waktu.

Namun disadari, sebagai seorang wanita, gaya solo traveling mengharuskan beberapa pengetahuan agar liburan dapat terasa aman dan nyaman. Telah berwisata ke 28 negara di dunia dengan jenis wisata yang berbeda,  wisatawan sekaligus pendiri Taman Bacaan Pelangi ini berbagi tips solo traveling kepada KompasTravel.

Percaya diri

Ketika berwisata seorang diri, semua hal yang terjadi harus diatasi secara mandiri. Salah satunya adalah tentang keamanan saat berwisata. Percaya diri adalah salah satu kunci utama ketika berwisata dengan gaya solo traveling. Menurut Nila, tindakan kriminal juga dapat terjadi walaupun tidak sedang seorang diri. Poin penting yang juga ditekankan oleh Nila adalah percaya pada diri sendiri bahwa semua akan berjalan baik-baik saja. Selain itu, jika tersesat, jangan terlihat bingung tapi bertanyalah dengan rasa percaya diri.

Shutterstock Perempuan melakukan perjalanan wisata sendirian.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : I Made Asdhiana

Leave a Reply