Menu

Pariwisata Mulai Bangkit, Turis Jerman Mencari Sinar Matahari Hingga ke Spanyol

Wisatawan memenuhi kawasan pantai. Pulau Mallorca di Spanyol adalah tujuan favorit turis Jerman (Foto: yahoo)

PALMA DE MALLORCA, JalanJalanSeru.com: Ratusan turis Jerman mendarat di Pulau Mallorca, Spanyol, Senin (15/6). Mereka merupakan rombongan pelancong pertama yang diizinkan masuk sejak otoritas setempat menutup perbatasan pada Maret lalu karena pandemi Covid-19.  

Kedatangan para turis Jerman di pulau yang merupakan tujuan wisata favorit orang Jerman, Inggris, dan tentunya Spanyol ini lebih awal dari yang semula dijadwalkan. Otoritas di Pulau cantik yang beriklim khas mediterania ini sebelumnya mengatakan baru akan kembali menerima tamu, itupun dalam jumlah terbatas, pada akhir Juni.

Lebih dari 1.500 wisatawan Jerman diharapkan akan berkunjung ke Kepulauan Balears yang memiliki sejumlah pulau cantik, seperti: Pulau Mallorca, Minorca, Ibiza, dan Formentera. Kedatangan turis Jerman ini akan menjadi semacam pilot project dibukanya kembali sektor pariwisata yang sebelum pandemi Covid-19 menyumbang 12% dari total ekonomi Spanyol.

Protokol ketat diterapkan otoritas setempat. Begitu mendarat, para turis ini langsung dicek suhu tubuhnya. Pejabat setempat, Francina Armengol, juga mengnstruksikan agar mereka mematuhi aturan kesehatan dan keselamatan yang berlaku di sana. 

“Virus ini masih menginfeksi, masih membunuh orang di seluruh dunia. Jadi sebelum ada vaksin, cara terbaik agar kita selamat adalah menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” katanya dalam konferensi pers, seperti dilansir Reuters.

Menurut seorang wisatawan, Marcel Leifholz, cuaca di sini tak mudah berubah seperti di Jerman jadi virus relatif lebih mudah mati. Apalagi pelaku industri pariwisata setempat telah siap dengan protokol kesehatan yang ketat .

Tingkat hunian hotel dibatasi hanya maksimal 50%. Pengelola hotel juga wajib melengkapi diri dengan kamera infra merah untuk mengukur suhu tubuh. 

Sebagai salah satu negara tujuan wisata paling populer di dunia, Spanyol mulai bersiap diri menerima kunjungan turis dari luar Eropa per 1 Juli. Sementara itu negara-negara di Eropa mulai melonggarkan pengawasan di perbatasan sejak Senin, menyusul penurunan jumlah kasus covid-19.  

Tahun lalu, sepertiga dari total turis asing yang berkunjung ke Kepulauan Balears adalah orang Jerman. Pemberlakukan kebijakan lockdown di Spanyol jelas berimbas pada industri pariwisata di Mallorca tetapi  eksekutif senior TUI, Sebastian Ebel, mengatakan pulau itu punya alasan untuk berharap bisnis akan baik.

 “Pulau Mallorca ini adalah tujuan favorit orang Jerman – kedekatan, keramahtamahan penduduknya, serta tingginya standar kesehatan mendorong orang, bahkan mereka yang masih ragu untuk bepergian, untuk segera berkunjung ke sini,” kata Evel saat konferensi Pers.

 

Pulau Mallorca di Spanyol, favorit turis Jerman (Foto: yahoo)

Leave a Reply