Menu

Tips Atasi Ketegangan Naik Pesawat

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10), mengejutkan masyarakat. Pesawat yang mengangkut 188 orang terdiri dua pilot, lima awak kabin, dan 181 penumpang, sedikit banyak membangkitkan keresahan orang-orang yang hendak bepergian dengan menggunakan pesawat.

Tak perlu takut dan tetaplah berpikir positif penerbangan Anda akan aman hingga sampai di tempat tujuan. Menurut Mindbodygreen, ternyata hanya diperlukan 60 detik saja untuk membuat tubuh dan pikiran tetap santai dan tenang sebelum naik pesawat. Cara yang dilakukan cukup sederhana yakni menggunakan mekanisme bernapas.

Penelitian dari Stanford University School of Medicine menemukan terdapat umpan balik yang menghubungkan neuron di otak untuk bernapas dengan gairah atau suasana hati. Studi itu mendapati bahwa melambatkan napas dapat menjadi trik yang bisa dilakukan untuk mengelabui otak agar tidak merespons sumber stres atau ketegangan, misalnya rasa khawatir sebelum naik pesawat.

“Kita tahu bahwa pusat pernapasan secara langsung mengontrol aktivitas fungsi otak,” kata peneliti Mark Krasnow kepada Pschology Today, dilansir dari Travel and Leisure, Senin (29/10/2018).

Untuk bisa tetap tenang sebelum naik pesawat dan meringankan stres, Anda dapat melakukan beberapa latihan pernapasan berikut ini. Untuk hasil maksimal, bernapaslah melalu diafragma bukan dari dada.

#. Panjangkan napas
Duduklah dengan tegak di kursi Anda lalu tarik napas dalam melalui hidung. Lalu buang napas perlahan melalui hidung selama dua hingga tiga detik lebih lama dari waktu yang diperlukan untuk bernapas biasanya. Lakukan latihan ini selama 60 detik sebelum masuk pesawat.

#. Lemaskan badan

Regangkan otot untuk mendapatkan badan yang santai. Dimulai dari otot wajah hingga jari-jari kaki. Saat melenturkan otot, tarik napas melalui hidung selama tiga hingga empat detik. Lalu embuskan napas melalui mulut selama lima hingga enam detik untuk melepaskan ketegangan.

#. Pernapasan alternatif

Pernapasan alternatif ini dapat dilakukan dengan menutup salah satu lubang hidung dengan ibu jari lalu tarik napas hingga paru-paru terasa penuh. Pindahkan jempol ke lubang hidung yang lain sambil menahan napas. Embuskan napas perlahan dan ulangi hingga beberapa kali.

#. Teknik 4-7-8

Menurut Culture Trip, teknik ini dapat dilakukan dengan memulai bernapas melalui hidung selama empat detik. Kemudian tahan napas selama tujuh detik dan embuskan melalui mulut selama delapan detik. Ulangi teknik ini sampai Anda tenang. (EP)

The post Tips Atasi Ketegangan Naik Pesawat appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply