Menu

Tips Memilih Penginapan agar Liburan Hemat

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Liburan merupakan salah satu sarana seseorang untuk penyegaran dari rutinitas sehari-hari. Bagi sebagian orang, bahkan liburan sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Terlebih lagi tren jalan-jalan makin hits di era milenial ini. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya orang yang liburan hanya untuk sekadar mengisi feed media sosial atau memang sebuah kebutuhan akan menikmati tempat dan budaya baru di seluruh pelosok dunia.

Namun untuk berlibur diperlukan dana tersendiri yang besarnya beragam. Tergantung tujuan, durasi berlibur, transportasi, tempat menginap, dan lain sebagainya.

Karena itu, Anda bisa meminimalisir pengeluaran untuk liburan dengan memilih hotel yang tepat. Sehingga uang yang diperlukan untuk liburan tidak terlalu banyak.

Lalu, bagaimana cara memilih hotel yang tepat untuk liburan hemat? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu (03/04/2019):

#. Lakukan Research Lewat Aplikasi Pemesanan Hotel

Hal mudah yang dapat dilakukan sebelum memesan hotel, dengan melakukan research terlebih dahulu harga hotel dan lokasinya lewat aplikasi pemesanan hotel yang banyak tersedia. Dengan aplikasi itu, Anda bisa menentukan harga hotel yang sesuai bujet bahkan bisa menemukan lebih murah. Beruntung bila ada promo yang ditawarkan aplikasi itu. Dengan menggunakan aplikasi pemesan pengiinapan, bisa langsung melihat lokasinya yang tertera pada Google Map. Dengan begitu, Anda bisa menghitung jarak antara lokasi hotel/penginapan dengan objek wisata yang ingin dikunjungi.

#. Pilih Lokasi Penginapan yang Tepat

Lokasi menentukan harga hotel yang akan ditempati nantinya. Biasanya hotel yang dekat dengan pusat kota dan objek wisata harganya akan lebih mahal. Sedangkan untuk hotel yang terletak di pinggir kota harganya cenderung lebih murah. Namun Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan. Hitung juga biaya transportasi bila memilih untuk menginap di hotel yang agak jauh dari hiruk pikuk kota.

#. Pesan Hotel Jangan Mendadak

Punya niat liburan tahun ini? Langsung pesan hotel jauh-jauh hari. Karena semakin dekat dengan hari-H, harga hotel akan semakin tinggi. Apalagi mendekati hari-hari liburan, seperti liburan sekolah, Lebaran, Natal, dan tahun baru. Ini disebabkan peminat hotel akan melonjak tajam. Oleh sebab itu, jangan menunda-nunda untuk pesan hotel kalau memang ingin liburan.

#. Manfaatkan Kupon Diskon Hotel

Jika Anda kebetulan memiliki kupon diskon hotel atau ada teman yang berbaik hati membagikan kupon hotel yang dimiliki, kenapa tidak memanfaatkannya? Kalau ada langsung terima saja. Hal tersebut lumayan untuk memangkas bujet penginapan selama liburan. Selain itu, beberapa agensi perjalanan akan menawarkan kupon (voucher) hotel jika Anda menggunakan jasa mereka.

#. Memanfaatkan Fasilitas Keanggotaan

Beberapa hotel memiliki fasilitas membership yang memberikan beberapa keuntungan untuk para membernya. Salah satu keuntungan tersebut adalah potongan harga yang bisa melegakan sedikit napas dompet Anda. Jika sering berkunjung liburan ke suatu tempat atau memang jenis hotel tersebut mudah ditemukan di mana-mana, jangan ragu untuk mendaftar keanggotaan. Jadi, ke manapun Anda pergi bisa dengan mudah mendapatkan hotel murah karena membership.

#. Tak Usah Tambahkan Fasilitas Sarapan

Cara lain untuk memangkas bujet penginapan adalah dengan memesan hotel tanpa fasilitas sarapan. Cari saja sarapan di luar sambil jalan-jalan menikmati liburan. Hal ini karena di beberapa hotel sarapan memiliki harga yang lumayan. Selain itu, Anda juga bisa memilih hotel yang memberikan sarapan gratis. Nah, hal ini cocok sekali buat Anda yang ingin jalan-jalan dengan bujet pas-pasan atau memang ingin berhemat.

#. Menawar Penginapan secara Langsung Bila Memungkinkan

Di sejumlah tempat wisata, juga ada banyak ditemukan tempat penginapan yang bisa ditawar secara langsung. Jika Anda pilih yang seperti ini, berarti tidak perlu memesan penginapan dari jauh hari. Cukup saat tiba di tujuan, Anda mendatangi penapan tersebut dan menawar harganya. Namun kondisi ini memang memberikan ketidakpastian yang besar. Sebab Anda tidak pernah tahu apakah penginapan tersebut masih ada kamar kosong atau justru sudah penuh.

#. Rencanakan Liburan Sebaik Mungkin

Apabila Anda memang memiliki rencana untuk liburan, ada baiknya mulai menabung dan menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Salah satunya dengan berhemat dan memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman dan menikmati waktu berlibur meski bujet pas-pasan. (NDY)

The post Tips Memilih Penginapan agar Liburan Hemat appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply