Menu

Tips Tidur Nyenyak Saat di Pesawat

JAKARTA, JalanJalanSeru.com: Suara bising hingga ruang duduk yang cukup kecil membuat sebagian penumpang pesawat kerap mengalami kesulitan untuk tidur. Sulit tidur saat penerbangan berlangsung tentu akan terasa mengganggu, terlebih jika penerbangan yang diikuti adalah penerbangan berdurasi panjang.

“Selain itu, pesawat juga memiliki kadar oksigen dan kelembapan yang rendah, dan itu dapat membuat orang-orang merasa tidak nyaman,” ungkap dokter ahli tidur Nitun Verma MD seperti dilansir Refinery29, Senin (12/11/2018).

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penumpang pesawat bisa tidur dengan nyenyak selama penerbangan berlangsung. Berikut ini adalah sembilan trik untuk tidur nyenyak di pesawat seperti diungkapkan oleh Verma.

#. Posisi Badan Sehorizontal Mungkin

Pada dasarnya, posisi tidur terbaik saat di pesawat adalah posisi apapun yang paling terasa nyaman. Meski begitu, akan lebih baik bila posisi tidur diarahkan sehorizontal mungkin. Karena itu, tak ada salahnya penumpang pesawat mencondongkan sandaran bangku ke arah belakang saat tidur bila memungkinkan. Bila tidak memungkinkan untuk mengatur sandaran bangku, cukup regangkan kaki selurus mungkin.

#. Bantal Leher yang Kokoh

Salah satu fungsi dari bantal leher aalah menjaga agar kepala tidak jatuh ke samping saat tidur. Hal ini penting untuk diperhatikan karena posisi tidur dengan kepala yang jatuh ke arah samping dapat memicu terjadinya kram otot maupun penyempitan jalur napas yang dapat membuat proses bernapas menjadi lebih sulit. Sayangnya, tak semua bantal leher dapat menjaga posisi kepala tetap tegak saat tidur. Bantal leher yang ideal untuk membantu tidur selama di pesawat adalah bantal leher yang nyaman dan kokoh untuk menyokong kepala.

#. Hati-Hati dengan Pil Tidur

Beberapa orang memanfaatkan obat over the counter (OTC) yang memiliki efek menyebabkan kantuk untuk memudahkan tidur selama penerbangan jangka panjang. Beberapa contoh obat tersebut adalah Benadryl, Advil PM, Tylenol PM dan Nyquil. Penggunaan obat-obatan ini tidak akan membantu untuk penerbangan domestik yang memiliki durasi cukup singkat. Alasannya, efek mengantuk yang ditimbulkan jauh lebih panjang dari durasi penerbangan. “Anda pasti ingin terhindar dari rasa kantuk setelah sampai di daratan,” papar Verma.

#. Membuat Diri Lelah

Penumpang yang akan melakukan penerbangan di malam hari tak ada salahnya membuat tubuh sedikit lelah di siang hari. Trik ini bisa dilakukan agar saat melakukan penerbangan di malam hari penumpang tersebut akan lebih mudah mengantuk dan tertidur. Trik lain yang bisa dilakukan adalah menghindari tidur siang dan mengonsumsi kafein bila akan melakukan penerbangan di malam hari.

#. Halau Kebisingan

Bukan rahasia bila pesawat mengeluarkan suara yang sangat bising. Suara yang ditimbulkan saat pesawat take off diketahui sekitar 105 desibel atau setara dengan suara sirine. Sedangkan suara yang dikeluarkan pesawat saat terbang di udara adalah sekitar 85 desibel yang setara dengan suara vacuum cleaner. Karena itu, tak heran bila cukup banyak penumpang pesawat yang merasa sulit tidur. Sebagai solusinya, Verma menganjurkan agar penumpang pesawat menggunakan ear muff atau ear plug yang dapat menghalau berbagai suara bising dari luar.

#. Latihan Pernapasan
Sebagian penumpang mengalami kesulitan tidur karena merasa stres atau gugup saat pesawat sedang terbang di udara. Perasaan seperti ini bisa diatasi dengan melakukan kegiatan yang merelaksasi, salah satunya adalah latihan pernapasan. Latihan pernapasan bisa dilakukan dengan cara menghirup dan menghembuskan napas secara pelan dan teratur.

#. Penggunaan Masker Mata

Paparan cahaya dapat mempengaruhi melatonin di dalam tubuh. Melatonin merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk meregulasi siklus tidur dan bangun seseorang menurut Mayo Clinic. Tak ada salahnya menggunakan masker mata selama penerbangan untuk mencegah paparan sinar matahari berlebih.

#. Strategi Menggunakan Bangku Pesawat

Posisi duduk di dekat jendela merupakan posisi terbaik untuk tidur karena penumpang dapat bersender di jendela saat tidur. Namun tak semua penumpang beruntung dan mendapatkan posisi tersebut. Sebagai alternatif, penumpang bisa mencoba meminta posisi duduk di posisi pinggir agar mendapatkan ruang untuk kaki yang lebih luas.

#. Berpakaian untuk Tidur

Kenyamanan merupakan kunci utama dalam tidur yang berkualitas. Karena itu penumpang pesawat sebaiknya mengenakan baju yang nyaman daripada mengenakan baju yang trendi namun tidak nyaman. Pakaian yang nyaman dapat membantu penumpang tidur lebih nyenyak dan mudah.
(EP)

The post Tips Tidur Nyenyak Saat di Pesawat appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Leave a Reply